Breaking News:

Virus Corona

WHO Akui Ada Bukti Penyebaran Virus Corona Lewat Udara, Para Ilmuwan Desak Perubahan Kebijakan

Sebelumnya, WHO mengatakan jika penularan utama virus corona adalah lewat tetesan yang keluar dari mulut atau hidung mereka yang sudah tertular

ILUSTRASI
Ilustrasi virus corona dan pasien. 

WHO Akui Ada Bukti Penyebaran Virus Corona Lewat Udara, Para Ilmuwan Desak Perubahan Kebijakan

POS-KUPANG.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekarang mengakui ada "bukti-bukti yang muncul" jika virus corona menyebar lewat udara.

Sebelumnya, WHO mengatakan jika penularan utama virus corona adalah lewat tetesan yang keluar dari mulut atau hidung mereka yang sudah tertular dan jatuh di permukaan.

Namun dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan pekan ini, 239 ilmuwan dari 32 negara memberikan bukti yang menunjukkan partikel virus ini bisa menularI mereka yang menghirup udara di dekat mereka yang sudah memiliki virus corona.

Karena adanya partikel kecil yang bisa mengambang di udara, para ilmuwan mendesak WHO untuk memperbaiki petunjuk kesehatan yang ada.

"Kami sudah membicarakan kemungkinan penyebaran lewat udara dan ini merupakan salah satu cara penularan Covid-19," kata Dr Maria Van Kerkhove, pejabat utama WHO yang terlibat dalam masalah teknis penyebaran Covid-19.

Perubahan dalam petunjuk tersebut juga disampaikan oleh Benedetta Allegranzi, pejabat WHO yang terlibat dalam masalah pencegahan infeksi dan pengawasan.

Dia mengatakan ada bukti mengenai penyebaran virus lewat udara, meski semua bukti belum benar-benar jelas.

"Kemungkinan penyebaran lewat udara di tempat umum, khususnya di kondisi yang sangat spesifik, daerah yang padat orang, tertutup, dan memiliki ventilasi ruangan yang buruk, tidak bisa dikesampingkan," katanya.

"Namun bukti masih harus dikumpulkan dan dikaji, kami terus melakukan hal tersebut."

Ada bukti yang berkembang bahwa penularan tetesan (droplet) kecil (udara) adalah rute yang signifikan dari infeksi di dalam ruangan.
Ada bukti yang berkembang bahwa penularan tetesan (droplet) kecil (udara) adalah rute yang signifikan dari infeksi di dalam ruangan. (Supplied: Airborne transmission of SARS-CoV-2 By Lidia Morawska)
Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved