Breaking News:

Salam Pos Kupang

Terima Kasih TransNusa

PANDEMI Covid-19 yang menyerang seantero jagat sejak tiga bulan lalu berdampak banyak bagi manusia di semua lini kehidupan

Terima Kasih TransNusa
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PANDEMI Covid-19 yang menyerang seantero jagat sejak tiga bulan lalu berdampak banyak bagi manusia di semua lini kehidupan. Semua akses termasuk transportasi ditutup total karena harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Walau tidak ada kebijakan pemerintah daerah NTT terkait lock down atau pun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetapi tetap taat pada kebijakan nasional terkait penutupan bandara dan layanan maskapai penerbangan udara.

Dan, saat ini kita memasuki tatanan kehidupan baru atau era baru (New Normal). Bergembira tentunya, tetapi harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

105 Calon Siswa Baru Daftar pada Hari Pertama PPDB Online di SMAN 1 Bajawa

Dan, salah satu akses yang dibuka lagi, walau belum normal adalah maskapai penerbangan. Masyarakat NTT, tentunya menyambut baik dibukanya kembali pelayanan ke seluruh pelosok daerah oleh maskapai penerbangan TransNusa Aviation Mandiri.

Dan, tentunya masih di era New Normal, pelayanan dibuka untuk rute-rute tertentu, seperti Kupang-Ruteng, Kupang-Larantuka, Kupang-Waingapu dan Kupang- Tambolaka, Kupang-Bajawa dan Kupang-Alor dan sebaliknya. Untuk seluruh rute terbang setiap hari, satu kali dalam sehari.

Hakim Pengadilan Agama Bajawa Putuskan Perkara Melalui E-Court, Apa Itu?

Kegembiraan dan ucapan terima kasih masyarakat NTT patut diberikan kepada maskapai TransNusa. Dengan pembukaan kembali penerbangan, roda perekonomian di NTT kembali bergerak. Masyarakat NTT yang mau bepergian pun bisa terlayani kembali.

Namun demikian, kita juga menyadari bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir dan belum tahu kapan berakhir. Lonjakan pasien Covid-19 di NTT karena transmisi lokal makin banyak. Kita tidak ingin menambah deretan angka pasien Covid-19 akibat ketidaktaatan pada protokol kesehatan yang ditetapkan. Seperti, mengenakan makser, mencuci tangan, menjaga jarak, dan sebagainya.

Seperti diketahui, ketika pelayanan penyebrangan antar pulau kembali dibuka di Pelabuhn Bolok, banyak masyarakat kita yang tidak mentaati protokol kesehatan. Kita berdoa semoga lonjakan pasien Covid-19 tidak terjadi di NTT. Dan, pemerintah tidak menyembunyikan data jika ada yang positif Covid-19.

Kita berharap hal tersebut juga tidak terjadi pada pembukaan pelayanan penerbangan oleh TransNusa.

TransNusa sebagai penerbangan lokal kebanggaan masyarakat NTT harus tetap mengedepankan protokol kesehatan dan tata cara yang berlaku di masa New Normal dan tetap mengacu kepada Surat Edaran Gubernur NTT No. BU 550/08 DISHUB/2020 tentang Bebas Dokumen Kesehatan atau Bebas Covid-19 bagi pelaku perjalanan.

Selaku penyelenggara transportasi angkutan udara, TransNusa harus mensosialisasikan berbagai kelengkapan persyaratan penerbangan, termasuk identitas diri KTP atau tanda pengenal lain yang sah seperti paspor dan SIM.

TransNusa juga harus memastikan kelayakan penerbangan dimasa New Normal, sehingga kondisi pesawat harus benar-benar aman, layak dan sehat. Memastikan bahwa penumpang maupun awak pesawat dan kondisi pesawat dalam kondisi layak sehingga tidak membawa penularan virus corona di tempat yang dilayani.

Untuk itu, tidak bisa tidak, protokol kesehatan harus ditaati oleh semua pihak, baik penumpang maupun pengelola penerbangan.

TransNusa Aviation Mandiri harus selalu meninjau keadaan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan masyarakat NTT. Selamat melakukan penerbangan kembali di Flobamora tercinta. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved