Orang Asia Timur Diludahi,Didorong Hingga Jatuh di Amerika,Kekerasan Meningkat Selama PendemiCorona

Hal tersebut menimbulkan pandangan yang negatif terhadap orang-orang dari Asia Timur baik sebagai imgran atau warga yang sudah berstatus penduduk perm

kompas.com
Meski abaikan protokol kesehatan, tapi Jepang berhasil 'kalahkan' Covid-19 

Orang Asia Timur Diludahi , Didorong Hingga Jatuh di Amerika , Kekerasan Meningkat Selama Pendemi Corona

POS KUPANG.COM -- Pendemi virus corona atau Covid-19 diketahui berasal dari Wuhan , Provinsi Hubei , China

Hal tersebut menimbulkan pandangan yang negatif terhadap orang-orang dari Asia Timur baik sebagai imgran atau warga yang sudah berstatus penduduk permanen

Serangan terhadap orang-orang Asia Timur yang tinggal di AS meningkat selama pandemi, hal ini mengungkap kenyataan betapa tak nyaman menyandang identitas sebagai orang Asia ataupun China di Amerika.

Seperti kisah Tracy Wen Liu, meskipun dia tidak dilahirkan di AS, Tracy Wen Liu dalam kehidupan sehari-harinya merasa "menjadi warga negara Amerika".

Dia menyaksikan pertandingan sepak bola, menonton Sex and the City, dan menjadi tenaga relawan di tempat penyaluran bahan makanan.

Sebelum pandemi Covid-19, Liu, 31, tidak berpikir apa-apa tentang menjadi orang Asia Timur yang tinggal di Austin, Texas. "Jujur, saya pikir saya tidak terlalu menonjol," katanya.

Waspada penularan virus corona tahap kedua dinilai akan lebih berbahaya.
Waspada penularan virus corona tahap kedua dinilai akan lebih berbahaya. (kompas.com)

Namun semua itu berubah. Merebaknya pandemi yang telah menewaskan lebih dari 100.000 orang di AS, membuat menjadi orang Asia di Amerika bisa menempatkan Anda sebagai sasaran - dan banyak orang, termasuk Liu, sudah merasakannya.

Dalam kasusnya, Liu mengatakan seorang temannya yang berasal dari Korea didorong dan diteriaki oleh beberapa orang di tempat berbelanja, dan kemudian diminta untuk pergi, hanya karena dia orang Asia dan mengenakan masker.

Di berbagai negara bagian termasuk New York, California, dan Texas, orang-orang dari Asia Timur diludahi, ditinju atau ditendang - dan dalam salah satu kasus bahkan ada yang ditusuk.

Halaman
1234
Editor: Alfred Dama
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved