Sholat Ied Idul Fitri Dilaksanakan di Rumah Masing-Masing

Untuk pelaksanaan kegiatan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H /2020 MUI Ngada telah mengeluarkan imbauan

POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Ketua MUI Kabupaten Ngada, Surachman Wiryo Sumarto 

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Haji Surachman Wiryo Sumarto, menyatakan untuk pelaksanaan kegiatan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H /2020 MUI Ngada telah mengeluarkan imbauan.

Haji Surachman menyatakan untuk sholat ied tidak dilaksanakan di tempat terbuka tapi dilaksanakan dirumah masing-masing. Karena kita semua tau saat ini sedang wabah Covid-19.

Saat Pandemi Covid-19, Konsumsi Listrik Rumah Tangga Naik 10,79 Persen, Ini Alasannya

"Untuk Sholat Ied Idul Fitri untuk tahun ini di Masjid ditiadakan, kita laksanakan dirumah masing-masing. Kalau untuk Sholat Tarawih, Takbir itu di Masjid untuk pengurus Masjid saja. Takbir malam hari itu, jadi tidak mengumpulkan massa, hanya dua sampai tiga orang saja di Masjid. Jadi tidak ada takbir keliling, tidak ada takbir pengumpulan massa di Masjid," ungkap Haji Surachman, kepada POS-KUPANG.COM di Kota Bajawa, Kamis (21/5/2020).

Haji Surachman mengatakan meskipun tidak melaksanakan Sholat Ied bersama tapi tidak mengurangi hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Update Corona TTU-Terus Bertambah, Jumlah PPDP di TTU Tembus Angka 2.535 Orang

"Harapan saya yang pertama umat Muslim sudah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, harapannya mudah-mudahan apa yang kita laksanakan di bulan Suci ini mendapatkan ampunan, ridho dari Allah. Keduanya, kita sebagai umat Muslim merasa sedih tidak bisa melaksanakan sholat tarawih secara bersama di Masjid karena memang situasi dan kondisi saat ini ada Covid-19, umat Muslim pada tahun ini itu ada hikmahnya juga," ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa memang ada hikmahnya karena lebih baik kita mencegah dari mengobati. Karena ini wabah sangat menakutkan. Sehingga diharapkan dapat mengikuti aturan atau imbauan pemerintah.

"Ada hikmahnya kita intropeksi diri, kita bersyukur karena lebih baik mencegah terjadinya penyakit ini," ungkapnya.

Ia mengatakan meskipun tidak bisa berkumpul bersama namun momen Idul Fitri 1 Syawal 1441 H tahun 2020 ini diharapkan untuk saling memaafkan.

"Mari kita saling memaafkan. Kita memaafkan supaya kita suci kembali, seperti bayi yang baru lahir," ujarnya.

Ajak Masyarakat Sholat Ied di Rumah

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved