Corona di NTT

VIDEO - Pandemi Corona Tak Boleh Matikan Warisan Pasar Barter di Wulandoni

VIDEO - Pandemi Corona Tak Boleh Matikan Warisan Pasar Barter di Wulandoni

VIDEO - Pandemi Corona Tak Boleh Matikan Warisan Pasar Barter di Wulandoni

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Pasar barter Wulandoni, Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata kembali aktif dibuka pada Sabtu (16/5/2020). Pasar tradisional yang sudah diwariskan turun temurun ini sempat ditutup selama dua bulan untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Lembata.

VIDEO - VIRAL - Biskuit Oreo Supreme Harganya Rp 97 Juta Sebungkus

VIDEO - Cegah Covid-19, Masyarakat Ngada Diminta Jangan Mudik

VIDEO – TNI Angkatan Laut Pos Lembata Bantu Nelayan Wangatoa

Banyak pedagang bersyukur pasar barter kembali dibuka. Selama ini mereka tidak bisa menjual atau menukar hasil komoditi karena pasar ditutup.

Gelu Umar, salah satu pedagang dari Kampung Lebala, merasa bersyukur pasar barter yang buka setiap hari Sabtu itu kembali beroperasi dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang cukup ketat. Perempuan sepuh yang sudah bertahun-tahun menjual di pasar barter Wulandoni ini hendak menukar hasil laut yang dibawa dengan komoditi dari para pedagang lainnya. "Kita duduk terus di rumah, kita mau makan apa nanti," tandasnya.

Hal senada juga diutarakan pedagang lainnya dari Pantai Harapan, Ibu Hapsa. Dirinya bersyukur karena pasar barter Wulandoni sudah beroperasi kembali yang tentu akan berdampak pada kehidupan ekonomi mereka.

Ketua DPRD Lembata Petrus Gero, menuturkan tradisi barter di Pasar Wulandoni sesunguhnya merupakan kekayaan dan warisan budaya yang masih tersisa di Lembata.

"Kita harus terus lestarikan sebagai kekayaan yang bernilai. Saya merasa bangga dan puas," tambah Petrus yang melihat langsung aktivitas di Pasar Barter bersama Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur.

Para pedagang dan pembeli harus mencuci tangan sebelum masuk ke dalam area pasar. Mereka juga wajib mengenakan masker dan sedapat mungkin menerapkan aturan 'jaga jarak'. Minggu, 17 Mei 2020(POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Tonton, Like, Share, Subscribe Youtube Channel POS-KUPANG.COM

Ingat SUBSCRIBE, SHARE dan tinggalkan jejak di kolom KOMENTAR.

Update info terkini via ONLINE : https://kupang.tribunnews.com/

INSTRAGAM poskupangcom : https://www.instagram.com/poskupangcom/?hl=id

FACEBOOK : POS-KUPANG.COM: https://bit.ly/2WhHTdQ

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Jhony Simon Lena
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved