Virus Corona

WAH! Porang Baik untuk Cegah Virus Corona, Ini Deretan Prebiotik Alami untuk Daya Tahan Tubuh

Tanaman porang yang saat ini sedang dibudidayakan masyarakat NTT, seperti di Kabupaten Belu misalnya, ternyata menjadi sumber prebiotik alami

istimewa
Berbagai bentuk porang yang bisa dijual. Tanaman porang (kiri atas), tepung porang (kiri bawah), umbi porang (kanan atas) dan chips porang (kanan bawah). 

WAH! Porang Baik untuk Cegah Virus Corona, Ini Deretan Prebiotik Alami untuk Daya Tahan Tubuh

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Tanaman porang yang saat ini sedang dibudidayakan masyarakat NTT, seperti di Kabupaten Belu misalnya, ternyata menjadi sumber prebiotik alami yang baik untuk daya tahan tubuh mencegah penularan Virus Corona.

Selama masa pandemik Covid-19 ini, masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tak hanya itu saja, agar daya tahan tubuh meningkat maka harus mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat. Salah satunya mengonsumsi prebiotik.

Kenapa prebiotik? Apa prebiotik itu?

Sebelum menjelaskan apa itu prebiotik, maka masyarakat harus paham bahwa di dalam tubuh manusia ada banyak sekali mikrobiota.

Melansir laman resmi Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ( UGM), mikrobiota adalah kumpulan dari bakteri, jamur, archae dan virus yang hidup di tubuh manusia. Antara lain di kulit, hidung, dan mulut.

Tak hanya itu saja, ada lebih dari 100 miliar mikrobiota di dalam saluran cerna manusia.

Keberadaan bakteri dalam saluran cerna ini akan mengubah karbohidrat melalui proses fermentasi sakarolitik menghasilkan asam lemak rantai pendek.

Adapun senyawa-senyawa ini menjadi sumber energi dan nutrisi bagi manusia, membantu penyerapan mineral yang dibutuhkan bagi fungsi normal tubuh.

Halaman
1234
Editor: Hasyim Ashari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved