Breaking News:

BBPP Kupang

Antisipasi Kekurangan Pakan di Musim Kemarau, BPP Kupang Manfaatkan Fermentasi Jerami Padi

peternakan menggunakan cara-cara yang luar biasa dalam memenuhi kebutuhan sapi dan pangan hewani di Indonesia.

Dokumen BBPP Kupang
Pakan jerami dan untuk menjaga ketersediaan pakan makan jerami pada yang sudah di kumpulkan di fermentasi agar dapat di gunakan beberapa bulan kedepan 

Antisipasi Kekurangan Pakan di Musim Kemarau, BPP Kupang Manfaatkan Fermentasi Jerami Padi

POS-KUPANG.COM--Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta para pejabat yang membidangi fungsi peternakan menggunakan cara-cara yang luar biasa dalam memenuhi kebutuhan sapi dan pangan hewani di Indonesia.

"Untuk pemenuhan pangan hewani dalam negeri, semua harus di-PAKSAKAN, yaitu singkatan dari Planning yang benar, Atensi yang besar, Knowledge, Skill, Action, dan Komitmen Atas dasar Negeri," kata Syahrul

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi menghimbau petani milenial yang keluar dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) harus bisa menjadi petugas formulasi dan manajemen pakan yang handal, profesional dan berjiwa wirausaha tinggi.

"Indonesia akan menjungkirbalikkan keadaan dari negara pengimpor daging menjadi negara pengekspor daging. Kita harus memiliki daging yang berdaya saing tingg oleh karena itu Terbukti teknologi IB dan manajemen pakan harus diperhatikan dengan serius” ujarnya.

Upaya peningkatan produktivitas ternak sapi dihadapkan pada keterbatasan jumlah hijauan pakan ternak khususnya di musim kemarau, sehingga perlu dicarikan pakan alternatif untuk mensubstitusi rumput lapangan/HMT.

Salah satu alternatif untuk penyediaan pakan yang murah dan kompetitif adalah melalui pemanfaatan limbah pertanian terutama jerami padi.

Panen padi yang dilakukan oleh para petani di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang beberapa hari terakhir, mebawa berkah bagi Instalasi Ternak BBPP Kupang

Pasalnya sisa batang padi atau jerami yang telah dipanen bisa dimanfaatkan BBPP Kupang untuk pakan ternak. Jerami juga dapat disimpan hingga berbulan-bulan untuk pakan ternak setelah dikeringkan atau di fermentasikan.

Muhammad Ukkas selaku Kepala Bagian Umum BBPP Kupang menjelaskan, musim kemarau seperti saat ini para instalasi Ternak BBPP Kupang harus bejibaku mengumpulkan pakan terutama dari jerami untuk stok pakan ternak agar tidak mengalami kesulitan atau kekurangan pakan rumput.

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved