Insiden Pemukulan Berujung Pidana oleh Oknum Anggota Polres Mabar, Ini Kata Kabid Propam Polda NTT

didapati sekelompok pemuda sedang duduk berkumpul sebanyak 9 orang sambil mengkonsumsi Miras jenis Sopi.

POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Para korban saat berada di Mapolres Mabar, Minggu (12/4/2020). 

Insiden Pemukulan Berujung Pidana oleh Oknum Anggota di Polres Manggarai Barat, Kabid Propam Polda NTT : Ditangani Polres

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Proses penanganan insiden pemukulan 9 pemuda oleh oknum anggota polisi yang bertugas di Polres Manggarai Barat pada Sabtu (11/4/2020) malam kini terus bergulir.

Bidang Propam Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menyatakan bahwa kepolisian tetap melakukan penanganan terkait kasus tersebut. 

Ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM pada Senin (13/4/2020) malam, Kabid Propam Polda NTT Kombes pol Agus Suryoto mengatakan, kasus yang melibatkan oknum anggota Polres Manggarai Barat itu terus didalami. Saat ini, pendalaman kasus tersebut ditangani dilakukan oleh Sie Propam Polres Manggarai Barat.

"Untuk perkaranya lagi didalami oleh Sie Propam (Polres Manggarai Barat)," ujar Kombes Pol Agus. 

 Selain pendalaman internal oleh Sie Propam Polres, kasus tersebut juga telah dilaporkan secara resmi oleh salah satu korban. Pada Senin (13/4/2020), salah satu korban tersebut, Edo Mense (25) resmi melaporkan oknum polisi yang melakukan pukulan tersebut ke Polres Manggarai Barat (Mabar).

Edo Mense ini melaporkan oknum polisi berinisial D beserta beberapa rekannya atas dugaan penganiayaan hingga mengakibatkan dirinya mendapat luka di tubuhnya pada Sabtu (11/4/2020) malam di Pendopo stan milik Barnabas, kompleks SMA 1, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar.

Laporan warga Jln Wisata Wae Kesambi Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar diterima SPKT dengan nomor laporan polisi LP : STTLP/IV/2020/NTT/Res Mabar.

Sebelumnya, Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Handoyo Santoso, SIK., M.Si telah memerintahkan Seksi Propam untuk memeriksa dan menindak tegas oknum petugas yang terindikasi melakukan tindakan kasar saat membubarkan sejumlah pemuda pada Sabtu (11/4/2020) lalu.

"Menindaklanjuti laporan yang telah beredar di masyarakat bahwa adanya indikasi tindakan arogan oleh oknum petugas maka Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat telah memerintahkan Seksi Propam Polres Manggarai Barat untuk memeriksa dan menindak tegas oknum petugas tersebut," katanya.

Kronologis kejadian, pada Sabtu (11/4/2020) sekitar pukul 23.30 Wita piket call center 110 mendapat telepon pengaduan dari masyarakat terkait adanya sekelompok pemuda yang berkumpul sambil mengkonsumsi minuman keras (miras) jenis sopi di Pendopo depan SMK Stella Maris, Labuan Bajo.

Selanjutnya, petugas yang sudah dibekali informasi tentang imbauan Pemerintah Pusat, Maklumat Kapolri dan anjuran Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat turun ke lokasi tersebut untuk membubarkan kelompok tersebut. 

Piket Penjagaan Polres Manggarai Barat selanjutnya menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan sesampainya di sana, didapati sekelompok pemuda sedang duduk berkumpul sebanyak 9 orang sambil mengkonsumsi Miras jenis Sopi. 

Kemudian setibanya Petugas Piket Penjagaan dan anggota Dalmas di TKP maka langsung ditegur para pemuda tersebut, namun karena teguran petugas tersebut tidak diindahkan bahkan adanya perlawanan sehingga Petugas Piket Penjagaan bersama anggota Dalmas mengambil tindakan tegas berupa upaya paksa kepada sekelompok pemuda tersebut dan membawa kelompok pemuda tersebut untuk diperiksa di Mapolres Manggarai Barat.

Cegah Penyebaran Covid-19,Kantor Lurah dan Gereja di Wilayah Sikumana & Oepura Disemprot Disinfektan

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di TTU Baru Gunakan 8 Unit Rapid Test

Lokasi Karantina Cara Untuk Putus Mata Rantai Covid-19 di Lembata

Dari hasil pemeriksaan, kelompok pemuda tersebut mengakui, saat kejadian itu tengah mengonsumsi miras. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved