Virus Corona

ABK Terbukti Positif Corona, Penumpang KM Lambelu di Sulawesi Tenggara Terus Dipantau

Hasil pemeriksaan tim medis terhadap penumpang dan ABK KM Lambelu, diketahui tiga orang ABK dan penjaga kantin positif virus corona atau Covid-19.

Net
KM Lambelu 

ABK terbukti positif corona, Penumpang KM Lambelu di Sulawesi Tenggara Terus Dipantau

POS-KUPANG.COM, KENDARIKM Lambelu milik PT Pelni sudah berlabuh di Pelabuhan Lorens Say, Selasa (7/4/2020). 

Hasil pemeriksaan tim medis terhadap penumpang dan ABK KM Lambelu, diketahui tiga orang ABK dan penjaga kantin positif virus corona atau Covid-19. 

Sebelumnya, KM Lambelu sempat berlabuh di Baubau, Sulawesi Tenggara.

Karena itu, tim medis setempat terus memantau perkembangan ratusan warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, dan sejumlah daerah lain yang sebelumnya menumpang KM Lambelu.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Baubau Roni Muchtar, Rabu (8/4/2020), menuturkan, pengawasan kesehatan terus dilakukan terhadap ratusan penumpang yang datang menggunakan KM Lambelu pada Senin (6/4/2020). Tim kesehatan melakukan pemantauan kondisi warga sekaligus memberi pengarahan untuk terus melakukan isolasi mandiri.

”Koordinasi khusus kami lakukan bersama tim kesehatan, yang juga didukung dari personel keamanan. Pemantauan juga terus dilakukan. Sampai hari ini belum ditemukan mantan penumpang kapal yang memiliki gejala Covid-19 di Baubau,” tutur Roni saat dihubungi dari Kendari.

Untuk penumpang yang berasal dari luar Baubau, Roni melanjutkan, data penumpang telah dikirimkan ke daerah masing-masing. Dengan begitu, pemantauan diharapkan bisa dilakukan di daerah terkait.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah total penumpang KM Lambelu yang turun di Pelabuhan Murhum Baubau 716 orang. Penumpang paling banyak berasal dari Baubau dengan jumlah 206 orang, selanjutnya Buton Tengah (110 orang), Wakatobi (78 orang), Buton (72 orang), Muna (52 orang), dan beberapa daerah lain di Sultra.

KM Lambelu yang berangkat dari Nunukan, Kalimantan Utara, sebelumnya diketahui memuat empat penumpang yang teridentifikasi positif Covid-19. Pihak operator kapal telah melakukan protokol keamanan sebelum berangkat kembali. Akan tetapi, kekhawatiran muncul di Baubau.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved