Ini 10 Lokasi Posko Pencegahan Covid 19 di Kabupaten Belu

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau covid 19 di Kabupaten Belu telah membentuk 10 posko. Lokasi 10 posk

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
RAPAT---Gugus tugas percepatan pencegahan virus corona atau covid 19 tingkat Kabupaten Belu menggelar rapat koordinasi di Lantai I Kantor Bupati Belu, Jumat (28/3/2020). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA-----Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau covid 19 di Kabupaten Belu telah membentuk 10 posko. Lokasi 10 posko dimaksud tersebar di seluruh Kabupaten Belu yaitu, Posko Pelabuhan Atapupu, Motadik Ainiba, PLBN Silawan, Turiskain Haekesak, Seroja Halilulik, Polindes Teun, Bandara Haliwen, Batas Lakmaras, Batas Laktutus dan Batas Dilomil.

Di setiap posko tersebut akan ditempatkan petugas dari beberapa unsur yakni, tenaga kesehatan, TNI-POLRI, dinas perhubungan, Satpol PP dan pimpinan wilayah setempat.

Tugas utama yang dilakukan petugas posko adalah mendata masyarakat yang baru masuk dari luar Kabupaten Belu dengan menggunakan format pemantauan. Melaporkan hasil pemantauan setiap hari ke posko Kabupaten Belu untuk diteruskan ke pimpinan wilayah serta membagikan protokol isolasi mandiri.

Pembentukan 10 posko ini merupakan hasil rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau covid 19 tingkat Kabupaten Belu, di Aula Lantai 1 Kantor Bupati Belu, Jumat (27/3/2020).

Ketua Gugus Tugas, Marsel Mau Meta mengatakan, pembentukan posko tersebut merupakan upaya pemerintah dalam rangka mencegah penularan virus corona di Kabupaten Belu. Upaya penanganan Covid 19 ini dilakukan secara komprehensif dan bersinergi dengan melibatkan seluruh OPD terkait, unsur TNI, Polri, instansi vertikal, para camat, lurah, kepala desa hingga RT/RW.

Diharapkan kepada gugus tugas agar bekerja serius, cepat dan tepat sesuai tugas dan fungsi masing- masing.

Menurut Marsel, sesuai rencana, kegiatan di posko akan dimulai, Senin (30/3/2020). Setiap posko ditempatkan personil sesuai tugas masing-masing. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran operasional terkait dengan petugas yang bekerja di posko-posko.

Atasnama pemerintah Marsel memberikan apresiasi kepada stakeholder yang sudah menyediakan tempat-tempat cuci tangan di area-area tertentu dan melakukan penyemprotan disinfektan di sarana dan prasarana publik.

Hal ini merupakan satu langkah maju dan tingkat kesadaran yang tinggi dari masyarakat Belu untuk sama-sama mencegah penularan Covid 19 sembari berharap di Kabupaten Belu cukup hanya sampai fase ODP. Karena beban tugas penanganan Covid 19, tidak bisa meletakkan di pundak orang-orang kesehatan saja. Tetapi semua elemen harus bergerak bersama-sama.

Dandim 1605 Belu, Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho selaku Pengarah dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid 19) tingkat Kabupaten Belu, menekankan aspek tanggung jawab kerja dan koordinasi.

"Anggota Gugus Tugas harus bekerja serius, cepat, tepat dan terkoordinir", tandas Nugroho.

Nugroho juga berpesan kepada gugus tugas agar jangan malu dan perlu belajar meniru keberhasilan gugus tugas di tempat lain yang mampu menangani penyebaran corona virus secara cepat.

Sesuai data dari Pemerintah Povinsi yang disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si, Jumat (27/3/2020) malam menunjukan, jumlah ODP di Kabupaten Belu sebanyak 19 orang.(jen).

RAPAT---Gugus tugas percepatan pencegahan virus corona atau covid 19 tingkat Kabupaten Belu menggelar rapat koordinasi di Lantai I Kantor Bupati Belu, Jumat (28/3/2020).
RAPAT---Gugus tugas percepatan pencegahan virus corona atau covid 19 tingkat Kabupaten Belu menggelar rapat koordinasi di Lantai I Kantor Bupati Belu, Jumat (28/3/2020). (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved