VIDEO: Antisipasi Corona, Jumlah Petugas Kesehatan Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende NTT Terbatas

VIDEO: Antisipasi Corona, Jumlah Petugas Kesehatan Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende NTT Terbatas.

VIDEO: Antisipasi Corona, Jumlah Petugas Kesehatan Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende NTT Terbatas

POS-KUPANG.COM | KUPANG - VIDEO: Antisipasi Virus Corona (Covid-19), Jumlah Petugas Kesehatan Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende NTT Terbatas

Pihak Bandara H. Hasan Aroeboesman Kabupaten Ende NTT mengalami kendala dalam upaya untuk mengantisipasi masuknya virus Corona ke wilayah Ende NTT. Mereka hanya memiliki dua petugas kesehatan.

VIDEO: Dua Pasien yang Baru Pulang Dari Inggris Dalam Pemantauan

VIDEO: Angkut Wisatawan Asing, Kapal Wisata Bulan Baru Ditolak Bersandar di Pelra Waingapu NTT

VIDEO: Bandara El Tari Kupang Siap Ruang Isolasi Bagi Suspek Covid-19

Kepala Bandara H. Hasan Aroeboesman, Muhamad Auriyadin Saleh ditemui POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Senin (16/3/2020) mengatakan pihaknya sudah bersurat ke Dinas Kesehatan Kabupaten Ende NTT untuk menambah petugas kesehatan di Bandara H. Hasan Aroeboesman.

Sementara deteksi dini pemeriksaan suhu badan penumpang dengan alat thermal scaner kemungkinan baru akan dimulai sore ini, sekitar pukul 16.00 Wita.

"Kita baru akan melakukan deteksi dini pemeriksaan suhu badan sore ini dengan thermal scaner. Saat ini kita hanya punya dua petugas kesehatan. Nanti ditambah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ende NTT sebanyak dua orang," ungkapnya.

Dia jelaskan, di Bandara H. Hasan Aroeboesman, disediakan satu ruang untuk wawancara penumpang tapi bukan ruang isolasi.

"Nanti penumpangnya ditanya selama empat hari melakukan perjalanan ke mana saja, kalau ada indikasi sakit nanti dari petugas karantina pelabuhan akan membawa ke rumah sakit," ungkapnya.

Sementara itu, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Ende NTT, melalui Kepala Seksi P2PM Agus Nyoman kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, pihaknya siap berkoordinasi untuk membantu pemeriksaan di Bandara Hassanudin.

Bupati Ende NTT, Djafar H. Achmad saat dimintai tanggapannya terkait kesiapan di Bandara H. Hasan Aroeboesman mengantisipasi Virus Corona (Covid-19), mengatakan, sebetulnya di Bandara H. Hasan Aroeboesman, belum ada pihak yang bertugas mengurus mengenai kesehatan pelabuhan udara.

Namun, lanjutnya pihak Bandara H. Hasan Aroeboesman, akan dibantu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ende NTT untuk melakukan pemeriksaan terhadap penumpang di Bandara.

"Kita koordinasi dengan pihak Bandara H. Hasan Aroeboesman dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ende NTT, ada penumpang masuk, kita lakukan pemeriksaan," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, di RUSD Ende NTT, alat pelindung diri seperti makser, ruang isolasi dan tenaga perawat dan dokter sudah dipersiapkan dengan baik.

Sementara alat pelindung diri standar seperti baju 'astronot' belum ada, Dinas Kesehatan meminta bantuan dari Pemerintah Provinsi NTT untuk pengadaan baju 'astronot'. Senin 16/3/2020 (POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Tonton, Like, Share, Subscribe Youtube Channel POS-KUPANG.COM

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Jhony Simon Lena
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved