Opini Pos Kupang

Merawat Kesehatan Rakyat ( Membangun NTT Sehat di Tahun 2020 )

Mari membaca Opini Pos Kupang Merawat Kesehatan Rakyat ( Membangun NTT Sehat di Tahun 2020 )

Merawat Kesehatan Rakyat ( Membangun NTT Sehat di Tahun 2020 )
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca Opini Pos Kupang Merawat Kesehatan Rakyat ( Membangun NTT Sehat di Tahun 2020 )

Oleh : Gabriel Adur, Peminat Masalah Sosial -Politik Bekerja di KeuskupanAgung Freising-Jerman

POS-KUPANG.COM - Negara akan makmur dan sejahtera kalau rakyatnya sehat. Kesehatan rakyat bisa menjamin kemakmuran rakyat. Sebaliknya, rakyat yang sakit tidak akan mampu menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan sebuah negara. Mungkin tidak berlebihan kalau boleh dikatakan seperti ini.

Tentang kesehatan rakyat penulis teringat akan pernyataan Billy Graham." Ketika kekayaan hilang. Tidak berarti semuanya hilang. Kalau kesehatan punah berarti semuanya akan hilang. Juga kalau karakter seseorang hilang, berarti juga semuanya akan punah".

Virus Corona dan Program Pertukaran Pelajar

Teolog Prostentan Amerika Graham bukan mengesampingkan arti dan pentingnya kemakmuran. Benang merah penghubung antara kesehatan dan kesejahteraan dalam sebuah negaralah menjadi titik tujuh pernyataan teologisnya.

Kesehatan sebagai Hak Asasi

Dalam pandangan moderen Hak Asasi menempatkan semua manusia sebagai yang sama. Setara dan sederajat. Harkat dan Martabatnya setara tidak tergantung dari perbedaan asal-usul, suku, jenis kelamin, agama, umur dan status sosial. Dengan adanya hak asasi manusia membedakan dirinya dari mahklu hidup lain.

Pengertian ini memiliki pendasaran historis pada the billofright 1776, di mana Hak Asasi dipertautkan dengan hak untuk hidup dan kebebasan. Termaktub di dalamnya juga kemungkin untuk mendapatkan jaminan keamanan dalam hidup.

Antisipasi Covid-19, Pemerintah Diminta Lakukan Koordinasi dan Pencegahan Dini

Dalam koridor ini WHO (World Healt Organasation) memberikan pendasaran kuat bahwa kesehatan bagian asasi dari manusia. Kesehatan melitputi kesehatan badan, jiwa dan sosial. Kesehatan bukan hanya sebuah keadaan atau situasi bebas dari penyakit dan kelemahan-kelemahan fisik dan mental.

Kesehatan adalah hak asasi setiap warga negara. Denganya negara menjamin kesehatan untuk semua masyarakat juga bagian dari tugas negara dalam pengabdiannya pada masyarakat.

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved