Bupati Belu Willy Lay Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Ajakan Bupati Belu, Willybrodus Lay, S.H kepada masyarakat agar semakin gemar mengkonsumsi ikan

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, Willybrodus Lay, S.H memberikan bingkisan kepada masyarakat, Senin (9/3/2020). 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA - Ajakan Bupati Belu, Willybrodus Lay, S.H kepada masyarakat agar semakin gemar mengkonsumsi ikan karena ikan memiliki kandungan protein dan omega-3 yang sangat penting bagi perkembangan jaringan otak dan kesehatan tubuh.

"Kami menghimbau semua masyarakat agar semakin gemar makan ikan, terutama para generasi muda sangat penting dan semua orangtua harus sadar bahwa dalam ikan dan olahan ikan memiliki kandungan protein dan omega-3 yang sangat penting sehingga jangan ragu konsumsi ikan di dalam rumah tangga," ajak Bupati Willy Lay dalam sambutannya saat kampanye Gemarikan di Kampus Sta. Angela, Ursulin Senin (9/3/2020).

KWT di Lampung Tengah Bagikan Tips Kiat Sukses Tani Milenial dan Peran Kostratani

Ajakan yang sama diutarakan Yohanes Fransiskus Lema, anggota DPR RI Fraksi P-DIP. Ansy Lema demikian ia disapa mendorong masyarakat, khususnya para pelajar di Kabupaten Belu untuk gemar mengkonsumsi ikan agar menghasilkan masyarakat yang sehat, cerdas, dan mengantisipasi permasalahan stunting.

Menurut Ansy Lema, ikan memiliki kandungan protein dan omega-3 yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan protein pada daging, susu dan telur. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat Belu agar gemar mengkonsumsi ikan.

PLN NTT Lakukan Penandatanganan Perjanjian AMC

Dikatakannya, Provinsi NTT memiliki potensi perikanan yang melimpah karena secara geografis terdiri dari banyak pulau dan peraiaran lebih luas daripada daratan. Namun masyarakat belum sepenuhnya menjadikan lautan sebagai ruang hidup dan ruang kehidupan.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan Kabupaten Belu sebagai Perbatasan dan Beranda Negara yang memiliki garis pantai sepanjang 38 kilometer dengan potensi perikanan tangkap ikan jenis tuna, cakalang dan tongkol serta perikanan budidaya ikan bandeng. Namun, tingkat konsumsi ikan hanya 22,5 kilogram per kapita per tahun.

"Potensi perikanan di Belu sangat besar namun tingkat konsumsi ikan masih sangat rendah, sehingga kami DPR bekerjasama dengan KKP mengkampanyekan GemarIkan dengan sejuta manfaatnya," ungkap Ansi.

Melalui gemar konsumsi ikan, lanjut Ansi, masyarakat terutama para generasi muda akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas karena kandungan Omega-3 sangat baik untuk perkembangan otak, serta menjadikan masyarakat bebas stunting dan gizi buruk.

Lanjut Ansi Lema, NTT berada di posisi ke-3 tertinggi stunting dan gizi buruk setelah Papua dan Papua Barat. Salah satu penyebab karena rendahnya konsumsi ikan.

Gemarikan akan semakin memicu masyarakat menjadikan ikan sebagai prioritas dan tingkat konsumsi ikan semakin tinggi.

Ansi Lema mengharapkan tahun 2024 mendatang, tingkat konsumsi ikan di Belu dapat mencapai 60 kilogram per kapita per tahun dan semakin banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan.

Ketua Yayasan Ananta Bhakti Cabang Atambua, Sr. Angela Osu memberikan apresiasi kepada Anggota DPR Ansi Lema, Kementerian KKP dan Pemkab Belu yang telah memilih Kampus Angela sebagai tempat sosialisasi dan kampanye Gemarikan.

"Kampus St. Agela sebagai salah satu lembaga pendidikan mulai dari TK, SD, dan SMP dan rencananya tahun ini akan membuka Jenjang Pendidikan SMA. Kampanye dan sosialisasi GemarIkan sangat tepat di tempat ini karena sasarannya anak-anak sekolah," ungkap Suster Angela.

Kedatangan Anggota DPR RI, Ansi Lema didampingi Bupati Belu Willybrodus Lay dan rombongan disambut meriah oleh para siswa dan guru. Rombongan diterima dengan sapaan selamat datang (Hase Hawaka) oleh para siswa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Daerah (Tetun-Red) serta dilanjutkan dengan tarian likurai mengiringi rombongan menuju panggung utama. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved