Pemkab Belu Gerakan Semua Elemen Cegah DBD

Pemerintah Kabupaten Belu menggerakan semua jajajarannya mulai tingkat kabupaten sampai desa dan kelurahan untuk melakuka

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
RAPAT---Pemkab Belu menggelar rapat koordinasi penanganan DBD di Kabupaten Belu yang berlangsung di Aula Betelalenok, Jumat (6/3/2020). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA---Pemerintah Kabupaten Belu menggerakan semua jajajarannya mulai tingkat kabupaten sampai desa dan kelurahan untuk melakukan upaya kongkret pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Belu.

Selain lingkup Pemkab Belu, turut dilibatkan elemen lainnya seperti TNI-Polri dan intansi vertikal.

Untuk lingkup Pemkab Belu, Bupati menginstruksikan kepada para camat dan kepala puskesmas untuk menggerakan seluruh staf turun ke masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan cara kerja bakti bersih lingkungan dan pembagian abate. Untuk memperkuat tim, pimpinan OPD bersama staf juga diinstruksikan untuk turun ke lapangan sesuai dengan wilayah pembagiannya.

Sedangkan, unsur TNI dan Polri disesuaikan dengan komando dari pimpinan satuan untuk melakukan kerja bakti bersih lingkungan.

Instruksi ini disampaikan Wakil Bupati Belu, J.T saat memimpin rapat bersama dengan sejumlah elemen dalam rangka pencegahan DBD. Hadir saat itu, perwakilan Kodim 1605 Belu, Yonif RK 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, camat, lurah, kepala desa dan kepala puskesmas se-Kabupaten Belu. Bupati Belu, Willybrodus Lay hadir juga saat rapat sedang berlangsung. Bupati Willy Lay memberikan kesempatan kepada Wabup Ose Luan untuk terus memandu rapat.

Menurut Ose Luan, melihat data kasus DBD yang kian meningkat saat ini, pemerintah mengharapkan semua pihak untuk segera melakukan upaya penanganan DBD secara bersama-sama. Upaya yang dilakukan segera adalah pembersihan lingkungan, fogging dan pembagian abate.

Untuk kerja bakti akan dilakukan selama satu minggu ke depan mulai Sabtu (7/3/2020). Kegiatan ini melibatkan semua pihak, mulai dari Instasi tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, puskesmas dan masyarakat. Kemudian, dibantu TNI Polri. Kepada instansi vertikal seperti Kejaksaan, Pengadilan, Bea Cukai, Imigrasi, Kantor Depag dan karantina supaya melakukan kegiatan kebersihan lingkungan di wilayah kantor masing-masing.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joice Manek melaporkan jumlah kasus DBD dan pola penanganan DBD. Katanya, jumlah kasus DBD di Kabupaten Belu sejak Januari sampai keadaan 4 Maret 2020 sebanyak 250 kasus. Pasien DBD yang meninggal dua orang.

Kasus DBD tersebar di 44 desa di Kabupaten Belu dan jumlah kasus DBD yang lebih dari 20 terjadi di Kelurahan Manumutin, Desa Manleten dan Kelurahan Manuaman. Sedangkan desa kelurahan yang lainnya jumlah kasus di bawah angka 15 kasus. Wilayah puskesmas yang belum ada kasus DBD sampai saat ini adalah Kecamatan Nanaet Duabesi.

Menurut dr. Joice Manek, penanganan DBD yang sedang dilakukan dinas yakni, melakukan fogging dan pembagian abate. Kemudian, penyuluhan kesehatan agar masyarakat bisa melakukan pencegahan dengan pola 3M plus.

Direktur RSUD Atambua, dr. Batsheba Elena Coputty, MARS melalui Kabid Pelayanan, Sipri Mali kepada wartawan mengatakan, jumlah pasien yang sementara dirawat di rumah sakit sebanyak 47 orang.

Sejauh ini, manajemen rumah sakit belum mengalami kendala berarti dalam menangani pasien DBD. Meski pasien DBD terus meningkat, namun masih bisa ditangani secara baik.

Terkait persedian bed, Sipri mengatakan, sampai saat ini persedian bed di rumah sakit masih mencukupi. Katanya, persedian bed dikatakan habis manakala masyarakat dan wartawan melihat pasien sudah tidur di lantai. Tetapi sepanjang pasien tidur di bed maka informasi tentang kehabisan bed tidaklah benar. (jen).

RAPAT---Pemkab Belu menggelar rapat koordinasi penanganan DBD di Kabupaten Belu yang berlangsung di Aula Betelalenok, Jumat (6/3/2020).
RAPAT---Pemkab Belu menggelar rapat koordinasi penanganan DBD di Kabupaten Belu yang berlangsung di Aula Betelalenok, Jumat (6/3/2020). (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved