Opini Pos Kupang

Membangun Ekonomi Perbatasan

Mari membaca dan simak isi Opini Pos Kupang berjudul Membangun Ekonomi Perbatasan

Membangun Ekonomi Perbatasan
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca dan simak isi Opini Pos Kupang berjudul Membangun Ekonomi Perbatasan

Oleh; Dr. James Adam, MBA (Pengamat Ekonomi Regional & Ketua ISEI Cabang Kupang)

POS-KUPANG.COM - Indonesia adalah salah satu Negara dunia ketiga yang perkembangan ekonominya melaju relatif cepat dibanding beberapa Negara berkembang lainnya. Kepemimpinan Presiden Jokowi periode pertama terjadi perubahan begitu besar jika dibandingkan keadaan Indonesia beberapa waktu silam.

Salah satu yang sangat menonjol yaitu dalam sistim pemerintahan, dengan model kepemimpinan paternalistic Presiden Jokowi telah memberikan warna baru dalam kehidupan bernegara, rasanya tidak ada sekat antara seorang kepala Negara dengan rakyat kecil sehingga beliau terpilih kembali. Jika mungkin aturan memperbolehkan seorang Presiden bisa dipilih untuk lebih dari dua kali, hemat saya Jokowi pasti akan menjadi pilihan berikutnya.

Pemerintah Kabupaten Belu Gelar Rapat dengan Sejumlah Elemen Atasi DBD

Perekonomian nasional bertumbuh cukup baik di era Presiden Jokowi, melalui sejumlah program unggulan pada level nasional maupun daerah, dan masyarakat telah menikmati dampak pembangunan ekonomi tersebut.

Sebut saja jalan Trans pulau Jawa yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya dan juga jalan Trans Papua. Kedua proyek raksasa ini tidak pernah dibayangkan sebelumnya bahwa seorang Presiden seperti Jokowi bisa berbuat sangat luar biasa yang harusnya sudah dikerjakan pemerintah sebelumnya.

Harga BBM sama dari Sabang sampai Merauke adalah sesuatu yang tidak pernah dibayangkan pula, tetapi semua sudah terjadi yang menurut kacamata umat Kristiani perubahan spektakuler seperti diatas tidaklah mustahil sebab untuk segala sesuatu ada waktunya.

Perubahan menonjol lainnya adalah di semua pintu masuk daerah perbatasan Negara tetangga telah dipoles begitu rupa yang memberi tanda bagi tetangga kita bahwa tetangga tidak sekedar teman dan sahabat tetapi tetangga adalah keluarga terdekat yang harus disambut dan dilayani dengan lebih baik.

Di Propinsi NTT terdapat 3 pintu perbatasanya itu di Motamasin, Motaain dan Wini yang dulunya tidak dipedulikan orang karena di ketiga lokasi itu hanyalah sebuah titik batas sebagai tempat orang keluardan masuk. Saat ini wajah ketiga lokasi tersebut berubah total dan bahkan telah menjadi objek menarik wisatawan serta menjadi tempat berbagai kepentingan entertaining, politik, sosial, seni dan olahraga serta paling menarik adalah kepentingan ekonomi.

Kondisi ketiga lokasi ini seyogyanya telah membuka peluang besar bagi Pemda setempat dan Pemda Propinsi NTT untuk melakukan sesuatu agar Motamasin, Motaain, dan Wini tidak menjadi pintu mati (Dead Gate) dengan cahaya lampu yang gemerlap hanya pada malam hari. Mengapa para pemerintah daerah belum bangkit padahal Pemda NTT sudah berteriak dengan slogan NTT bangkit NTT sejahtera?.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved