Hakim PN Lembata Tolak Gugatan Tanah Kantor Bupati

kuasa hukum Pemda Lembata Bosco Johanes mengaku perjuangan mereka mempertahankan tanah Kantor Bupati Lembata sudah cukup optimal.

Hakim PN Lembata Tolak Gugatan Tanah Kantor Bupati
POS KUPANG/RICARDUS WAWO
Hakim Pengadilan Negeri Lembata menolak semua gugatan atas tanah Kantor Bupati Lembata oleh Thomas Nilan Cs dalam sidang putusan yang digelar di Kantor Pengadilan Negeri Lembata, Selasa (25/2/2020). 

Hakim PN Lembata Tolak Gugatan Tanah Kantor Bupati

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA--Hakim Pengadilan Negeri Lembata menolak semua gugatan atas tanah Kantor Bupati Lembata oleh Thomas Nilan Cs dalam sidang putusan yang digelar di Kantor Pengadilan Negeri Lembata, Selasa (25/2/2020).

Dengan demikian, penggugat diberi kesempatan waktu 14 hari melanjutkan upaya hukum lain jika merasa tidak puas dengan keputusan pengadilan. Kuasa Hukum Penggugat, Blasius Dogel Ledjap memastikan pihaknya akan melakukan banding atas kasus gugatan ini.

"Kami kejar kalau bisa sampai kasasi. Kami sadar tidak mudah melawan pemerintah. Klien saya ini masyarakat biasa saja dan untuk dapat kembali hak mereka ini tidak mudah," kata Blasius ditemui usai sidang.

Menurut dia, putusan hakim ini di luar dugaan mereka karena menurutnya hampir semua saksi yang dihadirkan tergugat menyebut tanah di bagian lembah (sebelah barat tanah objek sengketa) itu milik almarhum bapak Ola Tokan

"Kami juga sepakat, tapi pada objek sengketa, semua saksi bilang tanah itu milik Linus Labi (Bapak dari Penggugat Thomas Nilan) dan terbukti secara administrasi," kata Blasius didampingi Thomas Nilan.

Dia menduga kesimpulan yang dijatuhkan hakim hanya berdasarkan tanah di luar objek sengketa Ola Tokan padahal semua saksi tidak menyebutkan objek sengketa itu milik Ola Tokan.

"Itu kewenangan hakim. Kami terima prosesnya tapi tidak terima putusan. Fakta persidangan lain. Saksi omong lain kesimpulan hakim lain," kata dia.

Blasius melanjutkan para penggugat merupakan korban dari pengusa saat itu dan mereka saat ini sedang mencari kebenaran.

"Karena tidak ada ruang dan waktu cari kebenaran lain dan ini ruangnya lewat pengadilan. Harapan kami hakim harus jatuhkan putusan berdasarkan fakta," kata Blasius.

Sementara itu, kuasa hukum Pemda Lembata Bosco Johanes mengaku perjuangan mereka mempertahankan tanah Kantor Bupati Lembata sudah cukup optimal.

Dia menerangkan amar putusan hakim yakni seluruh gugatan ditolak dan seluruh eksepsi tergugat juga ditolak.

"Kalau ada gugatan lagi kita bisa duduk lagi, jangan seperti ini. Tapi kalau mau ajukan banding kita siap lagi," pungkasnya.

Para Petani Minta Pemerintah Segera Atasi Hama Ulat Grayak

Pemda Sumba Timur Beri Bantuan Alsintan Kepada 195 Koptan

Ini yang Sampaikan Gubernur NTT Saat Muspas IV KAK

Ketua Pengadilan Negeri Lembata Ngurah Suradatta Dharmaputra membacakan langsung putusan sidang gugatan tanah tersebut.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved