VIDEO: Petani Kacang Banting Stir Jadi Nelayan. Gara-Gara Tak Ada Hujan di Sumba Timur. Ini Videonya

VIDEO: Petani Kacang Banting Stir Jadi Nelayan. Gara-Gara Tak Ada Hujan di SUmba Timur. Di Desa Hambapraing, contohnya, hujan baru turun 7 kali.

VIDEO: Petani Kacang Banting Stir Jadi Nelayan. Gara-Gara Tak Ada Hujan di Sumba Timur. Ini Videonya

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – VIDEO: Petani Kacang Banting Stir Jadi Nelayan. Gara-Gara Tak Ada Hujan di Sumba Timur. Ini Videonya

Selama ini, hujan di Sumba Timur sangat kurang. Kondisi ini mengakibatkan para petani tak bisa bercocok tanam.

Mereka mengharapkan curah hujan seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Hujan relatif kurang, sehingga sampai sekarang petani belum bisa tanam.

VIDEO: Sampai Sekarang, 151 SMA/SMK di NTT Belum Berlistrik. UNBK 2020 Terancam? Simak Videonya

VIDEO: Penyakit DBD Merajalela di Maumere. RSUD Penuh. Pasien Tidur di Lorong-lorong. Ini Videonya

VIDEO: Prevalensi Stunting di Belu Menurun Dratis. Bupati Punya 2 Cara Jitu. Simak Videonya

Hujan juga tidak merata, sehingga sampai saat ini banyak lahan tak bisa ditanami bibit kacang tanah, jagung dan  dan lainnya.

“Ada petani terpaksa tanam, tapi benih yang ditanam itu tak bisa tumbuh karena tidak ada hujan. Tanam saja sudah gagal, bagaimana bisa panen,” ujar para petani di Kampung  Maudolung, Desa Hambaprang, Kecamatan Kanatang, Sumba Timur.

Di desa ini,  tanaman kacang tanah dan jagung jadi sandaran utama warga. Namun dalam tahun ini, dua benih tersebut tak bisa ditanam, karena tak ada hujan.

Kepada POS-KUPANG.COM, petani Kampung Maudolung, Desa Hambapraing, Dominikus Deta (49) didampingi istrinya, Taroci Wadang, mengatakan, sampai sekarang benih tanamannya masih utuh.

Hingga saat ini, katanya, hujan yang mengguyur desa itu dan desa lain di Kecamatan Kanatang, baru  7 kali. Hujan itu pun tidak lebat.

Selama ini, katanya, ia memiliki lahan kacang seluas 1 hektare. Jikalau hujan bagus, maka  hasil yang diperoleh juga bagus. Karena sekali panen, ia bisa mendapatkan hasil sekitar 1 ton kacang tanah.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved