Antisipasi Virus Corona, Satgas Pamtas dan Petugas Karantina Lakukan Pengawasan Ketat

Antisipasi virus corona, Satgas Pamtas RI-RDTL dan petugas karantina lakukan pengawasan ketat

Antisipasi Virus Corona, Satgas Pamtas dan Petugas Karantina Lakukan Pengawasan Ketat
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Personel Pos Motaain Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ bersama petugas Karantina melakukan pengawasan viruscorona melalui alat scan tubuh di PLBN Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Sabtu (25/1/2020). 

Antisipasi virus corona, Satgas Pamtas RI-RDTL dan petugas karantina lakukan pengawasan ketat

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Dalam rangka mengantisipasi masuknya virus corona ke Indonesia, personel Pos Motaain Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melakukan pemantauan dan pengawasan ketat bersama petugas Karantina yang berada di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini dilakakan sesuai dengan instruksi dari Badan Karantina Pertanian Jakarta melalu surat Nomor : B-1186/KR.120/K.2/01/2020 tanggal 24 Januari 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Pemasukan Media Pembawa Coronavirus.

Semuel Rebo Lantik Komisaris dan Direktur PT KIB

Dalam surat dimaksud dijelaskan, Coronavirus adalah famili virus yang umum pada beberapa spesies hewan diantaranya satwa liar, unta, ternak, kucing dan kelelawar. Coronavirus pada hewan dapat menginfeksi manusia dan kemudian dapat menyebar diantaranya manusia seperti halnya penyakit MERS dan SARS.

Infeksi Coronavirus pada manusia menimbulkan gejala pernafasan, demam, batuk sesak nafas dan kesulitan bernafas.

Diboikot, Nikita Mirzani Blak-blakan Ungkap Honor yang Diterima dari MNCTV, Unggahannya Viral

Untuk mengantisipasi masuknya virus berbahaya ini, Satgas Pamtas sebagai salah satu intansi yang berperan langsung di perbatasan melakukan pemantuan bersama-sama dengan petugas karantina di PLBN Motaain.

Para petugas memantau dan mengawas setiap pelintas batas melalui alat scan suhu tubuh atau thermal scanner yang terpasang di pintu kedatangan di PLBN Motaain. Kegiatan ini dipimpin Serda Suratno selaku Bintara Kesehatan Pos Motaain bersama lima orang personel lainnya.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan, Minggu (26/1/2020) mengatakan, kegiatan pemantuan dan pengawasan tersebut dilakakan sesuai dengan instruksi dari Badan Karantina Pertanian Jakarta melalu surat Nomor : B-1186/KR.120/K.2/01/2020 tanggal 24 Januari 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Pemasukan Media Pembawa Coronavirus.

Personil Pos Motaain bersama petugas karantina memperketat pengawasan bagi para pelintas batas. Selain pelintas, petugas juga mengawasi produk pertanian atau media pembawa wabah viruscorona.

Menurut Dansatgas, kegiatan tersebut merupakan upaya dini dari satgas dan seluruh stakeholder yang bertugas dan peran langsung di PLBN demi mencegah virus corona masuk ke Indonesia.

Petugas Karantina Hewan di PLBN Motaain, I Putu dan petugas Karantina Tumbuhan dan Tanaman, dr. Ewalda mengucapkan terima kasih atas peran dan bantuan Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam rangka mengantisipasi masuknya virus Corona.

"Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan yang telah diberikan oleh Pos Motaain kepada Instansi kami, semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut," ungkapnya.

Danpos Motaain, Lettu (Inf) Sahita menyampaikan, kegiatan pengawasan yang dilakukan personelnya di PLBN Motaain merupakan tugas satgas dalam rangka mengantisipasi masuknya virus corona ke Indonesia.

"Maksud dan tujuan kami melaksanakan pengawasan dan himbauan kepada warga masyarakat pelintas batas ini adalah agar mereka lebih berhati-hati lagi dan kegiatan ini bersifat antisipasi atau mencegah masuknya virus Corona ke Negara Indonesia," tuturnya

Selaku Dankipur I, Lettu Sahita mengucapkan terima kasih kepada pelintas batas negara yang telah bersikap kooperatif serta mengikuti prosedur dan arahan yang ada. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved