Salam Pos Kupang

Persiapkan Masyarakat Sambut Investor

Mari membaca Salam Pos Kupang berjudul: persiapkan masyarakat sambut investor

Persiapkan Masyarakat Sambut Investor
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca Salam Pos Kupang berjudul: persiapkan masyarakat sambut investor

POS-KUPANG.COM - CATATAN sejarah ditorehkan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kabupaten Kupang, Senin 13 Januari 2020. Pada hari itu, Gubernur Viktor meletakkan batu pertama menandai pembangunan Galangan Kapal dan Industri Maritim Terpadu di Desa Pitay, Kecamatan Sulamu. Galangan kapal dan industri maritim ini dikerjakan PT Industri Kapal Nusantara pimpinan Askan Naim. Diperkirakan menyerap sekitar 5.000 tenaga kerja.

Sebagai masyarakat NTT, kita patut memberi apresiasi terhadap usaha Gubernur Viktor mendatangkan investor untuk berinvestasi di daerah ini. Sebab, investasi apapun bentuknya yang bersifat fisik sudah pasti mendatangkan banyak hal positif, terutama bagi kehidupan ekonomi masyarakatnya.

Komisi V DPRD NTT Minta BPBD Siapkan Dana Cadangan Mengatasi Bencana

Meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat merupakan sesuatu hal yang niscaya dari kehadiran investor. Kita bisa kalkulasi darimana saja sumber pendapatan masyarakat tersebut.

Pertama, investor yang datang tentu membutuhkan lokasi atau tanah sebagai tempat ia berinvestasi. Dengan begitu, tanah milik masyarakat setempat yang mungkin kurang bernilai secara ekonomis bisa mendapatkan harga yang lebih layak karena dibeli oleh seorang investor.

Sidang Praperadilan Kasus Kematian Charly Sowo, Kuasa Hukum Kecewa Polda NTT Tak Hadir

Saat investor menjalankan usahanya, juga tentu membutuhkan tenaga kerja. Dengan begitu, tenaga kerja lokal yang tadinya sulit mendapatkan pekerjaan bisa menjadi tenaga kerja di perusahaan ini. Tentu sesuai dengan spesifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dan dimiliki pekerja.

Tak hanya tenaga kerja. Dalam menjalankan operasi perusahaannya, investor tentu membutuhkan bahan baku. Nah bahan baku untuk kepentingan perusahaan ini bisa didapatkan dari para petani lokal.

Dampak positif lainnya, untuk memudahkan akses menuju lokasi perusahaan, sudah tentu akan dibuka jalan yang bagus. Dengan dibukanya jalan baru dan bagus tentu secara ekonomis akan menaikkan nilai atau harga jual tanah di sekitar jalan menuju lokasi perusahaan.

Kehidupan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar jalan menuju lokasi perusahaan, dan masyarakat yang tinggal langsung di sekitar lokasi perusahaan juga secara ekonomis akan meningkat. Sebab mereka sudah tentu akan membuka usaha, misalnya usaha kios dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Para konsumen atau pembeli juga sudah pasti ada, setidaknya karyawan perusahaan.
Banyak dampak positif dari kehadiran seorang investor. Yang dibutuhkan sekarang ialah kesiapan masyarakat, terutama di lokasi sekitar akan kehadiran investor itu. Mereka harus bisa membaca peluang 'kue' apa yang bisa mereka dapatkan dengan kehadiran ivestor di lingkungan tempat tinggal mereka.

Untuk itu, pemerintah harus mempersiapkan masyarakat, terutama untuk menajamkan feeling bisnisnya, sehingga masyarakat bisa mengambil 'kue' dari kehadiran investor dan tidak hanya menjadi penonton terhadap kehadiran investor.*

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved