Kepala BPMD Sumba Barat, Berjanji Tetap Dampingi BUMDes Jadi Usaha Unggulan Desa

Kepala BPMD Sumba Barat berjanji tetap mendampingi BUMDes menjadi usaha unggulan desa

Kepala BPMD Sumba Barat, Berjanji Tetap Dampingi BUMDes Jadi Usaha Unggulan Desa
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Kepala BPMD SB, Yakobus Jefrison Dapamerang, S P, M.M 

Kepala BPMD Sumba Barat berjanji tetap mendampingi BUMDes menjadi usaha unggulan desa

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( BPMD) Kabupaten Sumba Barat, Yakobus Jefrison Dapamerang, S.P, M.M mengatakan hingga saat ini terdapat belasan badan usaha milik desa (BUMDes) terbentuk di 63 desa se-Kabupaten Sumba Barat.

Pihaknya tidak dapat memaksakan semua desa membentuk Bumdes sesuai potensi desa masing-masing. Pihaknya lebih memfokuskan mengoptimalkan pengembangan Bumdes di suatu desa tertentu ketimbang membentuk Bumdes baru.

DPRD NTT Minta Cari Format Lain Selain BumDes

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( BPMD) Kabupaten Sumba Barat, Yakobus Jefrison Dapamerang menyampaikan hal itu di kantor Bupati Sumba Barat, Selasa (14/1/2020).

Ia menyebutkan beberapa Bumdes yang cukup bagus perkembangannya seperti Lapale Hills di Desa Lapale, Bumdes Desa Tebara, Desa Kelemby Kuni, Kodaaka Weetanah dan beberapa lainnya.
Dari jumlah Bumdes tersebut, Bundes Desa Lapale dan Tebara yang bergerak dibidang pariwisata cukup meningkat perkembangannya karena kunjungan wisatawan terus meningkat.

Ratu Azia Borromeu Pindahkan Barang Pusaka Kerajaan Alas dari Sukabitete ke Maktaen

Namun seiring perjalanan waktu wisatawan juga jenuh kalau hanya datang berpose dan menikmati pemandangan alam sekitar saja. Ke depan, pihaknya akan meminta pengelolah Bumdes mengenbangkan pula usaha kuliner khas Sumba agar pengunjung selain berpose dan menikmati keindahan alam Sumba tetapi juga dapat menikmati kuliner khas Sumba.

Harapan, suatu saat dana desa tidak kucur lagi, desa tetap mengembangkan usahanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved