Ratusan Aparat Desa 'Serbu' Dinas Pendidikan Sumba Barat Daya Legalisir Ijasah

Ratusan aparat desa se-Kabupaten Sumba Barat Daya 'menyerbu' Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat Daya

Ratusan Aparat Desa 'Serbu' Dinas Pendidikan Sumba Barat Daya Legalisir Ijasah
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Suasana aparat desa berdesakan melegalisir ijasah di Dinas Pendidikan SBD, Kamis (9/1/2020) 

POS-KUPANG.COM |TAMBOLAKA--- Ratusan aparat desa se-Kabupaten Sumba Barat Daya 'menyerbu' Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat Daya yang berlokasi di pusat Pemerintahan Sumba Barat Daya di Kadul, Tambolaka, Sumba Barat Daya, Kamis (9/1/2020).

Kehadiran ratusan aparat desa dan calon pengurus desa adalah untuk melegalisir ijazah dan sebagian baru datang mengurus ijasah paket meski sudah lulus beberapa tahun silam.

Hal itu terjadi menyusul keluarnya surat edaran bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete yang menyatakan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku khusus tentang struktur kepengurusan pemerintahan desa harus berijasah SMA. Hal itu berarti kepala desa dan jajaran pengurus desa, semua harus berijasah SMA, SMK atau sederajat.

Kasus Dugaan Suap Komisioner KPU RI, Thomas Dohu : Jadi Pelajaran Penting Bagi Penyelenggara

Untuk itu setiap pengurus desa harus menyertakan ijasah SMA, SMK atau sederajat sebagai syarat menjadi aparatur desa.

Sekretaris Desa Rada Mata, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat.Daya, Fransiskus Xaverius A.Malo yang ditemui POS-KUPANG.COM di halaman Dinas Pendidikan Sumba Barat Daya, mengaku, kedatangannya untuk mengurus legalisir ijasah dua calon aparat desa yang siap menggantikan aparat desa Rada Mata yang tidak memiliki ijasah SMA, SMK atau sederajat. Baginya, ini perintah undang-udang dan desa wajib menjalankannya.

Kabupaten Kupang Bisa Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Karena itu, pihaknya siap merekrut enam staf baru menggantikan enam staf Desa Rada Mata yang tidak memiliki ijasah SMA, SMK atau sederajat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved