Renungan Harian Kristen Protestan, Sabtu, 14 Desember 2019 : Belajar dari Yohanes Pembaptis

Tidak mengakui kekurangan diri tetapi juga tidak mengakui kelebihan orang lain. Kekurangan diri dan kelebihan orang lain saling bertolak belakang

Renungan Harian Kristen Protestan, Sabtu, 14 Desember 2019 : Belajar dari  Yohanes Pembaptis
istimewa
Pdt. Mesakh Pinis STh

Renungan Harian Kristen Protestan, Sabtu, 14 Desember 2019 : Belajar dari  Yohanes Pembaptis

POS-KUPANG.COM--Pembaca yang budiman, jujur bahwa ketika kita melihat kekurangan pada diri kita dan pada saat yang sama ketika kita juga melihat kelebihan dari orang lain, kita tidak pernah akan mengakuinya.

Tidak mengakui kekurangan diri tetapi juga tidak mengakui kelebihan orang lain. Kekurangan diri dan kelebihan orang lain saling bertolak belakang.

Apakah penyebabnya?

“ego”, karena ego pribadi orang sulit mengakui kelebihan orang lain apalagi belajar dari orang lain tentang kelebihannya.

Orang yang lebih dari kita, hanya akan dilihat sebagai saingan dan ia hanya akan diremehkan. Kalau orang itu adalah saingan, kita akan menunggu saat yang tepat untuk menyindirnya, mengoloknya, menghinanya bahkan mungkin menjatuhkannya. Di kampung, anak-anak milenial Timor bilang nane ho derita (NHD).

Dalam bacaan minggu ini (Matius 11:2-11), dapat kita melihat sikap Yohanes Pembaptis terhadap Yesus. Yohanis Pembaptis sebagai perutusan Allah, yang datang mendahului Yesus untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Yesus tentu sebagai manusia ia juga memiliki sikap dan penilaian terhadap Yesus. Dan untuk menentukan sikapnya ia berupaya   untuk mencari tahu/mendengarkan cerita tentang Yesus.

Yohanis pembaptis tidak memulai dengan vonis dan prasangka-prasangka, ia memulai dengan mendengarkan dari Yesus melalui murid-murid kepercayaanNya. 

 Walaupun Yohanis Pembaptis di penjara tetapi ia mengutus murid2nya untuk bertemu langsung dengan Yesus, demi mengetahui apa saja yang dikatakan dan dilakukan oleh Yesus.  Karena itu ada beberapa sikap yang patut menjadi teladan bagi kita.

Pertama : Yohanes Pembaptis pribadi yang kokoh dalam menyatakan suara kenabiannya

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved