Di Nagekeo 105 Orang Terinveksi HIV, Mauponggo Terbanyak, Berikut Liputannya!

Untuk mencegah terinfeksi HIV, tentunya yang paling penting kita hindari adalah aktivitas seks bebas

Di Nagekeo 105 Orang Terinveksi HIV, Mauponggo Terbanyak, Berikut Liputannya!
Houston Defender
ilustrasi HIV AIDS 

Di Nagekeo 105 Orang Terinveksi HIV, Mauponggo Terbanyak, Berikut Liputannya!

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Pengelola Program Komisi Pemberantasan AIDS (KPA) Kabupaten Nagekeo, Elfrin Hurek Making, menyebutkan, ada 105 orang positif terinfeksi HIV di Kabupaten Nagekeo.

Elfrin menyebutkan total penderita HIV di Kabupaten Nagekeo adalah 105 orang, yang terdiri dari 44 orang perempuan dan 61 orang laki-laki.

Elfrin merincikan penderita terbanyak berada di Kecamatan Aesesa, dengan total 50 orang penderita, Aesesa Selatan 3 orang, Nangaroro 4 orang, Boawae 15 orang, Mauponggo 14 orang, Keo Tengah 8 orang, Nangaroro 4 orang, Mauponggo 2 orang dan 7 orang lainnya menetap di luar Kabupaten Nagekeo.

"Dari 105 orang tersebut, 50 orang telah meninggal dunia, dan 55 orang lainnya sedang dalam pengobatan. Pengobatan yang dimaksud adalah ARV, yang dapat diperoleh di setiap puskesmas di Kabupaten Nagekeo," jelas Eflrin di Mbay, Selasa (3/12/2019).

Elfrin mengatakan dari 105 orang penderita HIV tersebut, pengidap terbanyak berprofesi sebagai petani yaitu sebanyak 37 orang.

"Sisanya adalah ibu RT, PNS, Guru, Pelajar, swasta dan lain sebagainya. Jadi penderita berasal dari hampir semua kalangan," sebut dia.

Kata Elfrin, sehubungan dengan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tanggal 1 Desember 2019, dirinya berharap agar penderita HIV di Kabupaten Nagekeo tidak bertambah.

"Walaupun trendnya meningkat setiap tahun, saya harapkan agar semua pihak menyadari bahaya penyakit AIDS dan penyakit IMS lainnya. Untuk mencegah terinfeksi HIV, tentunya yang paling penting kita hindari adalah aktivitas seks bebas dan berganti-ganti pasangan," harap dia.

Elfrin juga berharap agar masyarakat tidak memperlakukan penderita HIV secara berbeda.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved