Soal Terminal Bayangan di Oesapa Kupang, Ini Penjelasan Kepala Seksi LLAJ Dishub NTT

Soal Terminal Bayangan di Oesapa Kupang, Ini Penjelasan Kepala Seksi LLAJ Dishub NTT

Soal Terminal Bayangan di Oesapa Kupang, Ini Penjelasan Kepala Seksi LLAJ Dishub NTT
ISTIMEWA
Sejumlah angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP) dan mobil travel yang diparkir di terminal bayangan di kawasan Oesapa, Selasa (25/11/2019) 

Soal Terminal Bayangan di Oesapa Kupang, Ini Penjelasan Kepala Seksi LLAJ Dishub NTT

POS-KUPANG.COM - Selamat Pagi Pos Kupang. Saya warga Kota Kupang yang setiap hari melintas di kawasan Oesapa dalam perjalanan saya ke Oelamasi. Setiap hari pasti akan menyaksikan sejumlah kendaraan terparkir di kiri jalan setelah lampu merah di Oesapa.

Kendaraan-kendaraan tersebut terdiri dari bus-bus, kendaraan travel yang melayani Soe, Kefa, Atambua hingga Betun. Kendaraan-kendaraan tersebut menunggu penumpang di tempat tersebut. Padahal selama ini para penumpang menunggu di terminal Oebobo, tetapi sekarang terminal tersebut sepi.

Mengapa Kasus HIV dan AIDS Terus Meningkat? Ini Penjelasan KPA Kota Kupang

Menurut beberapa warga, kehadiran terminal bayangan di sepanjang Jalan Oesapa kerap menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan itu. Bahkan hampir di setiap persimpangan ada saja angkot yang parkir yang menyita hingga di badan jalan utama.

Sepanjang siang hingga sore menjelang malam, pemandangan di sekitaran Oesapa, nampak seperti biasanya. Beraneka warna Bus dan banyaknya mobil travel berderet di sepanjang bahu jalan itu.

Sejumlah warga di Oesapa kerap mengeluh akibat bus dan mobil travel luar kota yang menggunakan bahu jalan di kawasan tersebut sebagai terminal bayangan untuk menaikan penumpang. Selain itu, pemilik-pemilik kios dan toko di sepanjang tempat parkir bus dan mobil travel juga mengeluh.

Advokasi Kontinyu Bahaya HIV/AIDS

Kami berharap agar Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan penindakan untuk menertibkan terminal-terminal bayangan, salah satunya terminal bayangan yang terdapat di kawasan Oesapa. Atau mengembalikan kendaraan-kendaraan tersebut ke terminal Oebobo dengan demikian terminal tersebut tidak terkesan mubazir karena sudah jarang didatangi bus-bus luar kota.

Kami mohon Dishub NTT bisa segera melakukan penertiban sehingga tidak menganggu arus lalulintas.

Terima kasih
Warga Kota Kupang.
08134722****

Tanggapan

Banyak Kendaraan Tak Berizin

KAMI sudah berupaya menertibkan terminal bayangan di area tersebut dan itu hampir setiap hari. Tapi sulit, kami sendiri mengalami kesulitan karena kesadaran dari para pengendara dan masyarakat masih rendah. Selain itu, kesadaran dari orang-orang yang punya usaha di bidang angkutan itu juga sepertinya cukup sulit diatur.

Berdasarkan data yang kami miliki, bahwa kebanyakan angkutan tersebut merupakan angkutan liar/angkutan yang tidak terdata/tanpa izin. Sehingga dari pihak Dishub sendiri menghimbau kepada yang punya usaha angkutan itu AKDP untuk mengurus surat perjanjian agar tidak parkir di area tersebut lagi. Sejauh ini juga, efektif hanya siang selama petugas berjaga. Tetapi setelah itu kendaraan-kendaraan tersebut kembali parkir dan menunggu penumpang. (*)

Pius Saju
Kepala Seksi LLAJ Dishub NTT

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved