Kekurangan Dokter RSUD Ende Terancam Turun Kelas, Ini Solusinya

RSUD Ende mengalami kekurangan dokter spesialis dasar dan spesilis penunjang yang sesuai dengan standar rumah sakit tipe C yang dimiliki oleh RSUD End

Kekurangan Dokter RSUD Ende Terancam Turun Kelas, Ini Solusinya
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
BACA/Bupati Ende, Drs Djafar Achmad Saat Membacakan Jawaban Pemerintah Di Gedung DPRD Ende, Kamis (21/11/2019). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE--- RSUD Ende mengalami kekurangan dokter spesialis dasar dan spesilis penunjang yang sesuai dengan standar rumah sakit tipe C yang dimiliki oleh RSUD Ende saat ini. Apabila tidak sesuai dengan standar yang ada akan mempengaruhi status rumah sakit yang sewaktu-waktu bisa turun kelas menjadi kelas D.

Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu dalam jawaban pemerintah atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Ende terhadap tiga buah Ranperda tahun anggaran 2020, yang didapatkan Pos Kupang di Ende, Kamis (21/11/2019).

Bupati Djafar mengatakan terhadap tanggapan yang terhormat fraksi Demokrat terkait dengan peningkatan SDM tenaga medis khususnya dokter ahli sesuai standar status rumah sakit tipe C.

Pemerintah dapat menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 tahun 2014 tentang klasifikasi dan perijinan rumah sakit tipe C terdiri atas 9 orang dokter umum untuk pelayanan mesik dasar dan dua orang dokter gigi umum untuk pelayanan mulut dan gigi.

Selain itu harus dua orang dokter spesialis untuk setiap jenis pelayanan medik spesialis dasar seperti penyakit dalam dan bedah serta anak dan obsteri dan ginekologi.

Futsal Piala Bupati Ende Ajang Generasi Muda Bebas Narkoba

Liga Bola Voli Piala Walikota 2019: Jefri Minta LIbatkan Tim Voli di Kelurahan, Simak Liputannya

Juga satu orang dokter spesialis untuk setiap jenis pelayanan medik spesialis penunjang patologi klinik dan anestesi dan radiologi serta satu dokter gigi spesialis untuk setiap pelayanan medik spesialis gigi dan mulut.
Dikatakan kondisi yang ada di RSUD Ende saat ini bahwa keadaan dokter spesialis dasar pada RSUD Ende saat ini terdiri dari 7 orang dokter umum untuk pelayanan medik dasar sehingga masih mengalami kekurangan dua orang dokter umum.

Sedangkan dokter spesialis untuk setiap jenis pelayanan medik dasar masih mengalami kekurangan satu orang dokter. Saat ini sudah ada dua orang dokter spesialis penyakit dalam dan satu orangnya merangkap direktur.

“Telah ada satu orang dokter spesialis bedah sehingga masih mengalami kekurangan satu orang dokter serta dokter spesialis obsteri dan ginekologi,”ujarnya.

Dikatakan saat ini di RSUD Ende telah memiliki satu orang dokter spesialis untuk setiap jenis pelayanan medik spesialis penunjang yakni satu orang dokter spesialis patalogi klinik dan satu orang dokter spesialis anastesi dan satu orang dokter spesialis radiologi tetapi dalam memberikan pelayanan hanya 3 hari dalam sebulan.

Namun demikian dokter gigi spesialis untuk pelayanan medik spesialis gigi mulut dan satu dokter spesialis pelayanan medik spesialis penunjang lainnya yakni spesialis paru dan dokter spesialis jiwa belum ada.

Apabila kebutuhan dokter spesialis dasar dan spesialis penunjang tidak sesuai dengan standar rumah sakit tipe C akan mempengaruhi status rumah sakit Ende yang sewaktu-waktu bisa turun kelas menjadi kelas D,ujar Bupati D

Askot PSSI Kupang Gelar Kompetisi Sepakbola Liga 1 dan Liga 2 antar Klub di Kota Kupang, Simak YUK

jafar.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved