Sambut Hari Pahlawan, TNI Beri Pengetahuan Tentang Tapal Batas Negara Kepada Siswa

Sambut Hari Pahlawan, TNI beri pengetahuan tentang tapal batas negara kepada siswa

Sambut Hari Pahlawan, TNI Beri Pengetahuan Tentang Tapal Batas Negara Kepada Siswa
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Siswa-siswi SDI Fohululik, Desa Lutharato, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu melaksanakan wisata tapal batas dengan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ, Rabu (6/11/2019). 

Sambut Hari Pahlawan, TNI beri pengetahuan tentang tapal batas negara kepada siswa

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang puncaknya tanggal 10 November, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ memberikan pengetahuan tentang batas-batas negara kepada siswa-siswi SD Inpres Fohululik, Desa Lutharato, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu- NTT.

Personil Pos Fohululik mengemas kegiatan itu dalam bentuk wisata ke tapal batas. Para siswa diajak ke tapal batas negara dan di sana personil satgas memperkenalkan kepada siswa tentang bentuk batas-batas Negara seperti CBDRF (Common Border Datum Reference Frame), BSP (Border Sign Post) dan PBN (Pilar Batas Negara).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Gandeng BPBD Manggarai Timur Diskusi Publik

Para siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut karena mereka mendapatkan pengetahuan baru lewat kegiatan wisata tapal batas. Mereka juga merasa kegiatan itu sesuatu momen yang berkesan karena mereka baru merasakan kegiatan seperti itu.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada Pos Kupang.Com, Rabu (6/11/2019) mengatakan, kegiatan wisata tapal batas ini diinisiasi oleh Pos Foholulik. Kegiatan ini dalam rangka menyambut hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November.

Pemkab Kupang Salut Varietas Padi untuk Cegah Stunting Sukses Ditanam di Oesao

Menyambut hari pahlawan ini, Pos Foholulik melakukan wisata tapal batas yang pesertanya adalah siswa-siswi SD. Dalam wisata tapal batas ini, para siswa dibekali dengan pengetahuan tentang batas negara yang masih eratkaitan dengan sebuah perjuangan pahlawan.

Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak perlu dibekali dengan pengetahuan tentang batas negara. Apalagi para siswa yang ikut adalah generasi bangsa yang berdomisili persis di dekat garis batas negera.

Menurut Ikhsanudin, kegiatan ini didampingi Danpos Fohululik, Sertu Ediyanto Simangunsong dan dihadiri beberapa personil sesuai dengan SOP dalam melakukan kegiatan di tapal batas negara.

Menurut Ikhsanudin, satgas memilih siswa SD sebagai peserta wisata tapal batas karena anak-anak belum banyak yang mengetahui tentang tapal batas.

"Intinya kegiatan ini untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada para siswa tentang tapal batas dan juga memotivasi generasi bangsa akan pentingnya menjaga wilayah perbatasan", kata Ikhsanudin.

Kepala SDI Foholulik, Maria H.K Olo Bau, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah melaksanakan kegiatan wisata tapal batas bersama perserta didiknya.
Hal senada disampaikan guru SDI Foholulik, Reno Bere.

Peserta wisata tapal batas, Songki Bere (12) juga mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas karena telah memberikan ilmu pengetahuan bagi siswa siswi SDI Foholulik. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved