Dukung Anak Berprestasi dan Cerdas Hukum, Kemenkumham NTT Selenggarakan Lomba Kadarkum

Dukung anak berprestasi dan cerdas hukum, Kemenkumham NTT selenggarakan lomba kadarkum

Dukung Anak Berprestasi dan Cerdas Hukum, Kemenkumham NTT Selenggarakan Lomba Kadarkum
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Lomba Kadarkum 2019 di Aula Kantor Kemenkumham NTT pada Selasa (5/11/2019). 

Dukung anak berprestasi dan cerdas hukum, Kemenkumham NTT selenggarakan lomba kadarkum

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dalam rangka mendukung anak berprestasi dan cerdas hukum, kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham) NTT menyelenggarakan lomba Keluarga Sadar Hukum ( Kadarkum).

Lomba dengan tema "Melalui Lomba Kadarkum Kita Wujudkan Masyarakat yang Berbudaya Hukum dan Cerdas Hukum" tersebut diselenggarakan selama dua hari, Selasa hingga Rabu (5-6/11/2019) di Aula Kanwil Kemenkumham NTT, Jalan WJ Lalamentik Kupang, NTT.

Ini Kronologi Kejadian Kaburnya Residivis Pemerkosaan dari Tahanan Polres Sikka

Sebanyak sembilan tim yang dari tiga kabupaten/kota di NTT ambil bagian dalam lomba tersebut. Tim tersebut terdiri dari delapan tim SMA dan satu tim Karang Taruna.

Tim tersebut terdiri dari SMA Negeri 1 Kupang, SMA Negeri 3 Kupang, SMA Negeri 10 Kupang, SMA Kristen 2 Kupang, SMA Kristen Mercusuar dan SMA Katolik Giovanni Kupang. Selain itu tim SMA Negeri 1 Soe, SMK Negeri 1 Rote Barat dan Karang Taruna Nunbaun Sabu Kupang.

Mewakili Gubernur NTT, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah NTT, Jamal Ahmad dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut mengandung makna substantif yakni untuk menciptakan masyarakat cerdas hukum dan sadar hukum.

Ini Jumlah Pasien di Rumah Sakit Jiwa Naimata Kupang

Hal ini dikatakannya, karena secara strategis, hukum merupakan landasan dan perekat pembangunan di berbagai bidang lainnya. Oleh karena itu, lomba dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan konsep dan implementasi hukum tersebut.

Pemerintah provinsi, lanjutnya, mengharapkan agar lomba tidak hanya berisi bahasan tentang hukum tetapi menjadikannya sebagai bagian ketaatan hukum dalam kehidupan sehari hari.

"Kesadaran hukum itu dimulai dari lingkungan terkecil, yakni dari keluarga, sekolah hingga nasional," ujarnya.

"Harapannya agar seluruh peserta dapat berkompetisi sungguh-sungguh karena yang lolos akan mewakili NTT di tingkat nasional di Jakarta," tambahnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Asep Syarifudin melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum Marciana Djone menegaskan, Kanwil Kemenkumham mendukung anak anak dan generasi muda NTT untuk berprestasi, terutama prestasi dalam bidang hukum. Salah satunya melalui pembinaan hukum dan penyelenggaraan lomba Kadarkum di tingkat provinsi.

"Kita komitmen mendukung anak anak kita berprestasi, terutama dalam bidang hukum. Kita dorong semoga anak anak kita bisa berprestasi di tingkat nasional nanti," ujar Merciana.

Kegiatan lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur NTT yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah NTT, Jamal Ahmat. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten I yang didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Asep Syarifudin dan Kepala Biro Hukum Setda Prov NTT Alexon Lumba, SH, M.Hum.

Tampak hadir dalam acara pembukaan para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham NTT, para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi, Kepala Bagian Hukum TTS, Rote Ndao, Kota Kupang, perwakilan Kejati NTT dan undangan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved