Dinsos Ende Siapkan Data Dukungan Iuran BPJS Kesehatan

Dinas Sosial ( Dinsos) Kabupaten Ende menyiapkan data baru untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan iuran BPJS Kesehatan

Dinsos Ende Siapkan Data Dukungan Iuran BPJS Kesehatan
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Marmi Kusuma 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Dinas Sosial ( Dinsos) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ende menyiapkan data baru untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Marmi Kusuma mengatakan hal itu kepada Pos- Kupang.Com, Rabu (6/11/2019) ketika dikonfirmasi mengenai perubahan kepesertaan BPJS Kesehatan seiring dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Kadis Dukcapil TTS Samuel Fallo Raih Nilai Tertinggi Dalam Uji Kompetensi

Marmi mengatakan bahwa menyusul adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan maka ada kemungkinan terjadinya perubahan kepesertaan BPJS yang dari sebelumnya menjadi peserta BPJS Mandiri menjadi peserta yang disubsidi pemerintah.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut maka Dinas Sosial Kabupaten Ende akan melakukan pendataan ulang ke masing-masing desa yang ada di Kabupaten Ende.

"Tim kami akan turun ke masing-masing rumah guna mengetahui kepesertaan BPJS karena besar kemungkinan ada yang berubah," kata Marmi.

Karo Humas Setda NTT Marius Ardu Jelamu: Masyarakat NTT Harus Jadi Produsen dan Konsumen

Namun demikian Marmi memprakirakan bahwa peserta yang migrasi tidak terlalu besar.

"Kalau untuk berapa peserta mandiri menjadi kewenangan BPJS Kesehatan sedangkan kami hanya memiliki data peserta BPJS yang disubsidi oleh pemerintah," kata Marmi.

Marmi mengatakan bahwa peserta BPJS Kesehatan yang mendapatkan dukungan dana dari APBD Kabupaten Ende untuk tahun 2019 sebanyak 25.650 sedangkan yang mendapatkan dukungan dana dari APBD Provinsi NTT sebanyak 2.651 orang dan yang dari APBN sebanyak 148.851 orang.

Dijelaskan bahwa khusus untuk yang mendapatkan dukungan dana dari APBD Kabupaten Ende yang telah memiliki kartu yang telah dicetak sebanyak 20.606 sedangkan yang 5 ribu sisanya masih dalam proses pencetakan kartu.

"Kuota BPJS Kesehatan yang menjadi tanggungan Pemda Ende sebanyak 25.650 orang sedangkan yang telah memiliki kartu BPJS sebanyak 20.606 orang sementara sisanya masih dalam proses pencetakan kartu," kata Marmi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved