Pesan Paus Fransiskus Saat Lantik 13 Kardinal Baru: Bersaksi tentang Kristus dengan Belas Kasih

Paus Fransiskus melantik 13 Kardinal baru selama Konsistori (Sidang Kardinal) Publik Biasa di Basilika Santo Petrus Vatikan pada hari Sabtu (5/10/2019

Pesan Paus Fransiskus Saat Lantik 13 Kardinal Baru: Bersaksi tentang Kristus dengan Belas Kasih
Vaticannews.va
13 Kardinal beraudiensi dengan Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus XVI (membelakangi lensa) pada hari pelantikan mereka, Sabtu (5/10/2019) waktu Vatikan. 

Pesan Paus Fransiskus Saat Lantik 13 Kardinal Baru: Bersaksi tentang Kristus dengan Belas Kasih

POS-KUPANG.COM, VATIKAN - Paus Fransiskus melantik 13 Kardinal baru selama Konsistori (Sidang Kardinal) Publik Biasa di Basilika Santo Petrus Vatikan pada hari Sabtu (5/10/2019) sore, dan merefleksikan pentingnya menyadari belas kasih Tuhan.

“Belas kasih”: Ini adalah kata kunci dalam homili Paus Fransiskus selama Konsili Publik Biasa, dirayakan di Vatikan di hadapan anggota Dewan Kardinal, dan delegasi dari lima benua, dilansir laman Vaticannews.va.

“Kasih sayang adalah kata kunci dalam Injil,” katanya. "Itu selamanya tertulis di dalam hati Allah".

Belas kasih

Paus Fransiskus melanjutkan untuk memberikan contoh belas kasih Yesus bagi mereka yang menderita.

“Semakin banyak kita membaca, semakin kita merenungkannya,” katanya, “semakin kita menyadari bahwa belas kasih Tuhan bukanlah emosi yang sporadis dan sesekali, tetapi tabah dan tampaknya merupakan sikap hati-Nya”.

Paus Fransiskus melantik tiga belas Kardinal baru
Paus Fransiskus melantik tiga belas Kardinal baru (Vaticannews.va)

Yesus adalah belas kasih

Yesus, kata Paus, “menjelma menjadi kehendak Allah untuk memurnikan pria dan wanita yang menderita oleh bencana dosa; Dia adalah 'tangan Allah yang terulur', yang menyentuh daging kita yang sakit-sakitan dan menyelesaikan pekerjaan ini dengan menjembatani jurang pemisah ”.

Yesus, lanjut Paus, "pergi mencari orang yang terbuang, mereka yang tanpa harapan". Belas kasih ini selalu ada di dalam Tuhan, tambahnya, “mengesankan hati Bapanya”.

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved