Ibu Dasa Wisma Teratai di Mauponggo Olah Pala Jadi Berbagai Jenis Camilan

Ibu Dasa Wisma Teratai di Mauponggo olah pala jadi berbagai jenis cemilan

Ibu Dasa Wisma Teratai di Mauponggo Olah Pala Jadi Berbagai Jenis Camilan
ISTIMEWA
Ibu-ibu Dasa Wisma Teratai saat olah Pala menjadi Camilan di Desa Ululoga Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo, Sabtu (5/10/2019). 

Ibu Dasa Wisma Teratai di Mauponggo olah pala jadi berbagai jenis cemilan

POS-KUPANG.COM | MBAY - Sejumlah ibu-ibu kelompok Dasa Wisma Teratai di Desa Ululoga Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo ternyata bukan hanya lihai dalam mengurus rumah tangga, tetapi mereka lihai dalam menciptakan usaha yang mampu mendatangkan pendapatan tambahan bagi keluraga.

Mereka adalah kelompok Dasa Wisma Teratai yang mengolah buah Pala menghasilkan berbagai jenis camilan atau manisan dan makanan ringan.

BREAKING NEWS: Ibu Rumah Tangga Dibawah Umur Dalangi Curanmor di Sikka

Dengan perlatan yang sederhana, kaum ibu ini mampu menghasilkan berbagai jenis manisan dan makanan yang bahan dasar buah Pala.

Usaha yang dilakukan ini telah berusia tiga tahun dengan jumlah anggota berjumlah delapan orang.

Ketua kelompok, Romana Bupu, mengaku, jenis jenis hasil olahan buah Pala terdiri dari, sirup pala, es buah pala, manisan pala dan kiri kiri Pala.

HUT TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Ziarah di TMP Saroja Atambua

"Hasilnya telah dipasarkan di wilayah kecamatan Mauponggo dan juga beberapa daerah di kabupaten Nagekeo. Sehari dalam seminggu para kaum ibu ini mengelola usaha ini untuk dipasarkan," jelas Romana, Sabtu (5/10/2019).

Romana mengatakan usaha tersebut memiliki kendala yakni fasilitas peralatan, modal dan pemasaran.

Ia mengatakan penghasilan yang diperoleh tentu masih belum sesuai dengan yang diinginkan. Namun telah memberikan dampak dalam membantu kebutuhan rumah tangga selain penghasilan dari sang suami.

Ia meminta pemerintah untuk memfasilitasi memberikan bantuan modal dan juga membuka pasar bukan saja di wilayah Nagekeo tetapi di daerah lain.

"Selain itu juga melakukan pelatihan pelatihan dalam pengelolaan manisan Pala," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved