VIDEO: Istri Gubernur NTT Minta Masyarakat Jangan Malu dengan Budaya NTT. Ini Videonya

VIDEO: Istri Gubernur NTT Minta Masyarakat Jangan Malu dengan Budaya NTT. Ia menyampaikan itu saat bincang budaya NTT di Nagekeo.

VIDEO: Istri Gubernur NTT Minta Masyarakat Jangan Malu dengan Budaya NTT. Ini Videonya

POS-KUPANG.COM, MBAY – VIDEO: Istri Gubernur NTT Minta Masyarakat Jangan Malu dengan Budaya NTT. Ini Videonya

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, meminta seluruh masyarakat NTT jangan malu dengan budaya NTT.

“NTT memiliki banyak potensi budaya dan itu tersebar di setiap daerah. Kekayaan budaya itu hanya ada pada kita sehingga saatnya kita membanggakan hal itu.”

Hal itu diungkapkan Julie Sutrisno Laikodat, saat Bincang-Bincang Budaya di Lapangan Berdikari Danga, Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Minggu (29/9/2019) malam.

VIDEO: Ibu-ibu dari Ndora Junjung Esu Kose Saat Festival Literasi Nagekeo 2019. Tonton Videonya

VIDEO: Karya Seni Karang Taruna Gatra di Tarus, Bikin Wabup Kupang Terpesona. Tonton Videonya

VIDEO: Frengky Saunoah Lamar ke Partai Gerindra. Jadi Bakal Calon Bupati TTU. Tonton Videonya

“Kita harus bangga akan hal itu. Jangan pernah kalian malu akan budaya kita. Jangan pernah ada rasa minder untuk mengenakan pakaian tenunan kita, sebab apa yang kita miliki, tak dimiliki oleh orang lain," ujarnya.

Julie mengungkapkan, hasil karya tenun ikat di NTT memiliki nilai dan filosofi yang  luar biasa. Filosofi itu terlihat dari motif dan warna kain tenunnya.

"Setiap desa punya kain tenun yang berbeda-beda filosofinya juga motifnya. Seperti di Kabupaten Nagekeo, kainnya berwarna hitam dan kuning keemasan serta mempunyai tiga motif,"ungkap Julie.

Menurut Julie, untuk mengenalkan tenun ikat NTT, tidak sebatas pada aktivitas jual dan beli.

Mengenalkan NTT itu diantaranya  dengan menghidupkan aktivitas turun-temurun yakni menenun untuk menjadi pekerjaan utama masyarakat dalam menopang perekonomian masyarakat NTT.

VIDEO: Aliansi SADAR Sumba Minta Dewan Jangan Mengantuk Saat Sidang. Tonton Videonya

VIDEO: Atraksi Budaya Warnai Pembukaan Gala Desa di Lembata. Tonton Videonya

VIDEO: Lagu & Tarian Chicken Noodle Soup J-Hope BTS Bikin ARMY Kesemsem, Ini Lirik & Terjemahan

"Tenun ikat itu telah menjadi budaya di NTT. Dalam suka atau duka, wajib ada kain tenun. Selama ini menenun masih dianggap sebagai pekerjaan sambilan. Padahal potensi tenun sangat besar,” ujarnya.

Jika masyarakat NTT menjadikan menenun sebagai profesi, maka ke depan hasilnya akan sangat luar biasa. Tetapi jika hanya sebagai pekerjaan sambilan, maka penenun di tempat lain bisa mengambil karya dari NTT ini

Julie berharap masyarakat penenun yang ada di Nagekeo terus giat dalam tenun ikat khas Nagekeo. Dengan cara itu setidaknya masyarakat sedang mewariskan budaya itu kepada anak-anak generasi penerus. (POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved