RS Terapung Airlangga Gelar Baksos di Pulau Ende

Para dokter yang tergabung di Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga dari Universitas Airlangga Surabaya menggelar Bakti Sosial ( Baksos

RS Terapung Airlangga Gelar Baksos di Pulau Ende
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Bupati Ende, Drs Djafar Achmad Saat Menerima Rombongan Dokter Dari Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga dari Universitas Airlangga Surabaya, Senin (16/9/2019). 

POS-KUPANG.COM |ENDE - Para dokter yang tergabung di Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga dari Universitas Airlangga Surabaya menggelar Bakti Sosial ( Baksos) di Kecamatan Pulau Ende mulai 16 hingga 19 September 2019.

Menurut Ketua Tim, dokter Dini dalam laporannya kepada Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan bahwa selama berada di Kecamatan Pulau Ende 30 orang dokter dari Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga akan memberikan berbagai macam pelayanan kesehatan.

Dosen Politani Kupang Tawarkan Pencegahan Stunting dengan Jagung Bose Instan

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pengobatan penyakit mata dan juga kandung serta anastesi.

"Selain itu dilakukan konsultasi kesehatan dan operasi serta promosi kesehatan," ujar dr Dini.

Menurut dr Dini pelaksanaan pelayanan kesehatan di Kecamatan Pulau Ende dengan pertimbangan untuk membantu masyarakat yang berada di daerah pesisir dan juga terluar serta terpinggir yang selama ini kerap mengalami kesulitan dalam mengakses sarana kesehatan.

Angelina dan Apriani Juara 2 Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional di Bali

Dikatakan selama ini Kecamatan Pulau Ende para dokter yang memberikan pelayanan kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas Ahmad Yani namun demikian kalau dalam pelaksanaan ditemukan ada pasien yang memerlukan operasi maka akan dilakukan di kapal milik Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga.

"Di kapal kami memiliki peralatan operasi dan akan dilakukan operasi namun juga tidak menutup kemungkinan dilakukan rujuk kalau memang ada pasien yang kondisinya gawat," kata dr Dini.

Dikatakan bahwa keberadaan Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga sebenarnya bukan hal yang baru di NTT karena sebelum ke Pulau Ende telah dilakukan pelayanan kesehatan di Kabupaten Alor dan Manggarai Barat serta Waingapu.

Dia berharap dengan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh para dokter dari rumah sakit terapung diharapkan bisa meringankan beban masyarakat dalam bidang kesehatan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved