Angelina dan Apriani Juara 2 Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional di Bali

Angelina Kartikasari Dua dan Apriani Virginia Eflin Kulla Dangga Juara 2 Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional di Bali

Angelina dan Apriani Juara 2 Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional di Bali
ISTIMEWA
Dari kiri ke kanan: Kol. Adm. Thontje E.P. Samadara, S.T. (Plt Kakanwil Kemhan RI Prov. NTT), Angelina S Dua (peserta lomba), Puji Rahayu, S.Pd (Guru Pembimbing), Apriani V.E.K. Dangga (peserta lomba) saat kegiatan Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional Tahun 2019, di Aston Hotel-Bali 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Siswi SMAN 4 Kupang, Angelina Kartikasari Dua ( kelas XII IPA 1) dan Apriani Virginia Eflin Kulla Dangga ( kelas XI IPA 2) yang mewakili Provinsi NTT meraih juara 2 Lomba Parade Cinta Tanah Air tingkat nasional yang diselenggarakan Kemenhan di Aston Hotel Denpasar, Bali, 9-13 September 2019.

Informasi ini disampaikan Kepala SMAN 4 Kupang, Drs. Agustinus Bire Logo M.Si, melalui guru mata pelajaran PPKn selaku pembimbing, Puji Rahayu, S.Pd yang menghubungi POS-KUPANG.COM, Senin (16/9/2019).

DPRD TTS Minta Penegak Hukum Usut Pembangunan Gedung Lab Peternakan SMK Negeri Batu Putih

Dalam lomba bertema: "Mewujudkan Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif", Angelina dan Apriani dengan nama produk inovasi: Serbuk Lontar "SERLON" Serbaguna NTT, menempati urutan kedua dengan skor 72.15.

Urutan pertama ditempati Achmad Awaludin Agam Mudi F. dan Rafly Akhmad Fachriozy dari Jawa Timur dengan skor 74.03. Sedangkan peringkat 3 diraih Mirah Afiza Nurazizah Mutia Utami dari Bengkulu dengan skor 71.82.

Dalam lomba ini, jelas Puji Rahayu, para peserta lomba harus membuat karya inovatif yang bermanfaat untuk masyarakat, memperhatikan kearifan lokal daerah masing- masing sebagai wujud cinta tanah air dan bela negara.

Takut Disita Polisi, Pria yang Terkena Tilang Ini Rela Bakar Motornya, Simak Ceritanya

"Angelina dan Apriani membuat karya inovasi: Serbuk Lontar "SERLON" Serbaguna NTT. Bahan bakunya buah lontar tua. Kegunaannya untuk disedu sebagai minuman panas atau dingin, untuk campuran membuat es krim, untuk membuat coklat serbuk lontar sebagai campuran donat, campuran untuk kue kering," jelas Puji Rahayu.

Indikator penilaian lomba, jelas Puji Rahayu, yakni karya/inovasi harus originalitas, produk desain sesuai dengan tema, proses pembuatan mudah, aspek keberlanjutan dan nilai ekonomis jangka panjang, kreatif dan menarik.

Selain itu, alat peraga yang dinilai berupa material plan (bahan baku) mudah didapat, pengoperasian alat mudah, mudah dalam perawatan. Sedangkan teknik menjelaskan yang dinilai dalam bentuk presentasi dan tanya jawab, juga dari aspek sikap berbicara, sistematika penjelasan dan penggunaan bahasa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola)

Penulis: Kanis Jehola
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved