Kelurahan Fatubesi Jadi Kampung Kerukunan di Kota Kupang

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore meresmikan Kelurahan Fatubesi sebagai Kampung Kerukunan di Kota Kupang.

Kelurahan Fatubesi Jadi Kampung Kerukunan di Kota Kupang
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menerima penghargaan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia kepada sebagai Kepala Daerah yang telah berpartisipasi mendukung program moderasi beragama dan penguatan fungsi penyuluh Agama, GMIT Ebenhaezer Oeba pada hari Jumat (13/9/2019 ). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore meresmikan Kelurahan Fatubesi sebagai Kampung Kerukunan.

Peresmian dilaksanakan di GMIT Ebenhaezer Oeba pada hari Jumat, (13/9/2019 ).

Dalam sambutannya Jefri mengatakan pembentukan Kampung Kerukunan Kelurahan Fatubesi berangkat dari suatu kesadaran dan komitmen yang tinggi dari masyarakat Kota Kupang yang dikenal sebagai kota kasih.

Organisasi Pemuda di Kota Kupang Kampanye Save Papua Merajut NKRI

Menurutnya, warga Kelurahan Fatubesi walaupun tingkat kepadatan penduduknya tinggi dan beragam tetapi kehidupan bermasyarakat tetap terjalin dengan rukun, aman, damai dan harmonis.

Ia mengatakan dengan diresmikannya Kampung Kerukunan di Kelurahan Fatubesi Kecamatan Kota Lama tersebut, tersirat makna bahwa keharmonisan dan kerukunan terbangun jelas di kelurahan Fatubesi sebagai wujud dari wajah Kota Kupang.

Sebelum Tabur Bunga di makam Habibie dan Ainun, Xanana beri dua surat kepada Ilham

"Potensi konflik yang dikhawatirkan dapat terjadi dalam masyarakat yang heterogen tidak ditemui di Kota Kupang, khususnya Kampung Kerukunan Kelurahan Fatubesi dimana kaya akan unsur etnis dan budaya serta agama," ungkapnya.

Ia berharap Fatubesi menjadi contoh bagi seluruh wilayah di Kota Kupang dan bahkan seluruh wilayah Nusantara pada umumnya karena salah satu aspek penting dalam membangun suatu daerah yakni dengan membangun masyarakatnya.

Para tokoh agama diharapkan terus berupaya memperkuat landasan iman kepercayaan umat masing-masing agar kehidupan beriman terpancar dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat sesuai peran, fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing sebagai warga masyarakat di Kota Kupang.

Untuk itu, Wali Kota Kupang berharap peresmian Kampung Kerukunan Kelurahan Fatubesi tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial belaka.

Semantara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Drs. Yakobus Beda Kleden, MM dalam sambutan, mengungkapkan rasa bangga karena Pemerintah Kota Kupang beberapa waktu lalu menerima penghargaan dari Kementerian Agama Republik Indonesia karena Kota Kupang ditetapkan sebagai Kota Kerukunan Tertinggi di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved