PD INI dan IPPAT Kabupaten Kupang Lakukan Gerakan Kemanusiaan di Naibonat

Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (PD INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Kupang tidak hanya terfokus pada kegiatan pe

PD INI dan IPPAT Kabupaten Kupang Lakukan Gerakan Kemanusiaan di Naibonat
foto : Edi Hayong
Kegiatan pengobatan gratis bagi warga di RT 27 dan RT 28, RW 11, Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Jumat (13/9/2019) 

 
Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (PD INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Kupang tidak hanya terfokus pada kegiatan penyuluhan hukum.

Organisasi inipun memiliki program berupa gerakan kemanusiaan dalam membantu warga kurang mampu. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya  pengobatan gratis bagi warga di RT 27 dan RT 28, RW 11, Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Ketua PD Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Kabupaten Kupang, 
Heny Jumiali Tanoni, S.H, ketika ditemui POS KUPANG.COM di sela-sela kegiatan, Jumat (13/9/2019) menguraikan alasan mendasar mereka menggelar kegiatan kemanusiaan secara gratis ini.

Wabup Lembata Menuju Nunukan Bahas Sister City Buruh Migran

Heny yang didampingi Ketua Panitia kegiatan, Lusia Liliweri, S.H, MKn, mengakui, pelaksanaan pengobatan gratis bagi warga ini, baru perdana digelar. Ide dilaksanakan kegiatan ini bermula pada Maret 2019, yayasan yang dipimpinnya selalu turun ke desa-desa memberikan pelayanan kasih.

Menurut Heny, ketika pihaknya mendatangi wilayah Naibonat, melihat keadaan warga yang cukup memprihatinkan dalam hal pelayanan kesehatan. Terhadap hal ini, maka bersama rekan kerja di PD Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Kabupaten Kupang, disepakati untuk melaksanakan kegiatan ini.

BREAKINGNEWS- Diduga Terkait Kejahatan Skimming, Uang Nasabah BNI 46 Kupang Dikuras Oknum

"Kita pilih daerah yang tepat guna dan tepat sasarannya. Makanya kita pilih di RT 27 dan RT 28, RW 11, Kelurahan Naibonat ini. Walaupun dari proses untuk digelarnya pengobatan gratis ini sedikit rumit tapi kami bersyukur bisa berjalan," jelas Heny.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin pihaknya dan kedepan bisa disatukan dengan penyuluhan hukum bagi warga. Tenaga kesehatan didatangkan dari Kota Kupang seperti dokter dan apoteker.

Ketua Panitia kegiatan, Lusia Liliweri, S.H, MKn mengakui pelaksanaan pengobatan gratis ini dirancang dalam waktu dua minggu. Langkah awalnya dilakukan survei lokasi khususnya di dua RT yakni RT 27 dan RT 28 Kelurahan Naibonat.

Ditambahkannya, dengan pendekatan ke ketua RT, maka disetujui untuk pelayanan pengobatan gratis bagi warga yang sakit. Sesuai data yang ada pada RT yang ada, total warga yang mendapatkan pelayanan sebanyak 70 orang.

"Kita ajukan ijin ke Yonif 743/PSY, Brigif 21/Komodo soal wilayah dan ijin ke Polres Kupang dan disetujui digelar kegiatan pengobatan gratis ini," ujarnya.

Dari jenis penyakit yang diderita warga, Lusia mengatakan, dari data tenaga medis bahwa warga yang hadir rata-rata mengalami sakit ringan. Sedangkan obat yang disiapkan merupakan hasil kerjasama dengan donatur dan diharapkan dengan pelayanan kemanusiaan ini, bisa menolong warga agar sembuh dari sakit yang diderita selama ini.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved