DPRD NTT Minta Pembentukan Kodam Perlu Dikaji

Anggota DPRD NTT meminta pembentukan Komando Daerah Militer ( Kodam) di Provinsi NTT harus dikaji secara mendalam.

DPRD NTT Minta Pembentukan Kodam Perlu Dikaji
istimewa
Nelson Matara 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Anggota D PRD NTT meminta pembentukan Komando Daerah Militer ( Kodam) di Provinsi NTT harus dikaji secara mendalam. Pada prinsipnya pembentukan Kodam untuk kepentingan pengamanan wilayah.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD NTT, Nelson O. Matara, Kamis (5/9/2019).

Menurut Nelson, pembentukan Kodam di NTT perlu dikaji secara baik sehingga benar-benar bermanfaat.

Polisi Limpahkan Tahap Dua Berkas Pencabulan Siswi SMA di Area Kuburan Oebobo

"Jadi kalau mau bangun Kodam di NTT, maka harus dikaji betul agar tidak terkesan Kodam ini dibuat untuk menempatkan org yang terbuang di jajaran TNI," kata Nelson.

Dikatakan, pengkajian dilakukan sehingga adanalya Kodam merupakan sebuah kebutuhan masyarakat.

"Kita berharap agar dikaji dengan baik,sehingga adanya Kodam sebagai satu kebutuhan dalam melayani masyarakat NTT. Karena itu, secara prinsip,saya setuju karena adanya Kodam untuk pengamanan wilayah," ujarnya.

Ini Pandangan Bupati dan Ketua Sementara DPRD TTS Terkait Setahun Kepemimpinan Viktor-Josef

Anggota DPRD NTT, Emanuel Kolfidus, mengatakan, tantangan kedepan bukan tantangan territorial, tetapi tantangan ideologi, baik politik maupun ekonomi.

"Karena itu, menurut saya, penguatan sistem pertahanan kita adalah penguatan ideologi dan ekonomi, sehingga struktur militer yang ada saya pikir masih efektif," kata Emanuel.

Dia berpendapat, bahwa tidak perlu ada penambahan struktur kelembagaan, tetapi lebih pada pengembangan teknologi pertahanan terutama di daerah -daerah perbatasan seperti NTT.

"Pengembangan itu meliputi, SDM, peralatan/persenjataan dan kesejahteraan prajurit," katanya.

Anggota DPRD NTT lainnya, Yohanes Rumat mengatakan, dri sisi kepentingan daerah dan masyarakat maka harus mengetahui apa sebenarnya target yang diharapkan pemerintah dengan pembentukan Kodam di NTT.

"Jadi yang kita pertanyakan adalah apa yang duharapkan oleh pemerintah dan masyarakat terkait pembentukan Kodam. Karena, dari sisi luas wilayah dan kepadatan penduduk apa sudah perlu ada Kodam di NTT," tanya Yohanes.

Dikatakan, dari sisi kenyamanan yang berjalan selama ini apakah ada hal atau soal yang mengganggu stabilitas keamanan daerah ini.

"Saya berharap aspek-aspek dari kaca mata awam seperti poin diatas yang menjadi pertimbangan, tetapi kalau ada aspek lain yang belum diketahui oleh masyarakat, maka saatnya sekarang para pihak yang berkepentingan harus jelaskan ke masyarakat, " katanya.

Dia mengatakan, perlu disosialisasikan secara luas kepada masyarakat tentang pembentukan Kodam di NTT, apalagi dengan pembentukan itu harus dibangun juga minimal dua Korem lagi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved