Unimor Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2019

Universitas Timor ( Unimor) sebagai salah satu universitas negeri yang ada di Provinsi NTT menggelar kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Unimor Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2019
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Acara pembukaan kegiatan LKTI mahasiswa tingkat nasional tahun 2019 yang digelar oleh Unimor di Hotel Victory II, Jumat (30/8/2019). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Universitas Timor ( Unimor) sebagai salah satu universitas negeri yang ada di Provinsi NTT menggelar kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah  ( LKTI) Mahasiswa tingkat nasional tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di hotel Victory II, Jumat (30/8/2019) pagi.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan tersebut mengusung tema " Inovasi Pembelajaran dalam Bidang Bioteknologi dan Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Revolusi Industri 4,0".

Ketua Panitia LKTI Mahasiswa, Hermina Disnawati, M.Pd mengatakan kegiatan tersebut dilakukan pertama kali oleh Unimor dengan menghadirkan para peserta dari berbagai universitas yang berasal dari luar NTT.

Konsep Ikan Teri Hadakewa Akan Dipresentasikan di India

"LKTI kali ini diikuti oleh sekitar 15 universitas, tujuh dari NTT, dan 8 dari luar NTT. Dari wilayah Bali 1, Sumatra 2, dan sisanya dari Pulau Jawa. Dan tahapan sudah dari bulan Juni dan puncaknya pada hari ini grand final," ujarnya.

Disnawati mengatakan, sebelum masuk ke tahap grand final, karya tulis ilmiah mahasiswa di review oleh tim internal dan diseleksi sehingga mendapatkan 20 karya ilmiah bidang matematika dan 13 karya ilmiah bidang biologi.

"Setelah itu dilanjutkan ke review eksternal dengan mengundang pakar dari luar," ungkapnya.

Akhiri Rangkaian HUT Kemerdekaan RI Kelurahan Liliba Beri Sumbangan Untuk Posyandu

Usai dilakukan, lanjut Disnawati, maka diperoleh 12 karya ilmiah bidang matematika dan 12 karya ilmiah bidang biologi, sehingga bagi peserta yang masuk ke tahap grand final harus datang untuk mempresentasikan karya ilmiah dalam bentuk power point dan poster.

Disnawati berharap, kedepan kegiatan LKTI mahasiswa tingkat nasional ini menjadi event tahunan yang nantinya dapat menghadrikan banyak peserta dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Disnawati mengungkapkan, tujuan dari diselenggarakan kegiatan LKTI tersebut agar para peserta dapat menjadi seorang pemimpin dan seorang ilmuwan masa depan Indonesia.

"Dan juga menanamkan budaya meneliti bagi para peserta sehingga mereka bisa menjadi peneliti hebat masa depan," ujarnya.

Disnawati menambahkan, karya ilmiah para peserta LKTI tersebut nantinya akan diterbitkan dalam bentuk jurnal dan procedding untuk dijadikan sebagai syarat dalam menyelesaikan studi sesuai dengan ketentuan dari Kemenristekdikti. "Jadi kita menyiapkan wadah ini untuk mereka," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unimor Kridantus Tri mengatakan, kegiatan LKTI yang digelar oleh program studi pendidikan biologi dan matematika tersebut harus menjadi contoh bagi fakultas lain untuk menyelenggarakan kegiatan yang sama.

Hal itu bertujuan untuk memberikan ruang ilmiah sebesar-besarnya bagi seluruh mahasiswa untuk dapat menulis karya ilmiah sehingga kelak mereka menjadi ilmuwan muda masa depan Indonesia.

"Dan kita ingin supaya dengan kegiatan ilmiah seperti ini, Unimor yang berada di perbatasan makin dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia bahkan di luar negeri," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved