Konsep Ikan Teri Hadakewa Akan Dipresentasikan di India

Konsep pengembangan Ikan Teri dari Desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata akan dipresentasikan oleh Kepala Desa Hadakewa

Konsep Ikan Teri Hadakewa Akan Dipresentasikan di India
POS-KUPANG.COM/Ricko Wawo
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Kades Hadakadewa dan Bupati Lembata, Eliaser Jentji Sunur sedang menunjuk ikan teri 

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Konsep pengembangan Ikan Teri dari Desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata akan dipresentasikan oleh Kepala Desa Hadakewa sendiri, Klemens Kwaman bersama Presiden Joko Widodo dalam program Benchmarking di India, 2-15 September 2019.

Klemens merupakan satu-satunya kepala desa dari NTT yang ikut dalam program ini. Sedangkan ada dua pendamping lokal desa dari Kabupaten Belu yang juga ikut ke India.

Dijelaskannya, Benchmarking akan jadi ajang bagi setiap kepala desa membagikan konsep dan produk unggul dari masing-masing desa yang bisa diterapkan di India.

Akhiri Rangkaian HUT Kemerdekaan RI Kelurahan Liliba Beri Sumbangan Untuk Posyandu

"Kita bawa konsep dari Indonesia atau dari desa saya untuk kita share ke desa-desa yang ada di India," kata Klemens saat dihubungi, Jumat (30/8/2019).

Materi yang akan dipaparkan, jelas Klemens, adalah mengenai proses pengolahan ikan teri sampai jadi produk yang layak dijual ke pasaran melalui media teknologi informasi.

Dari 16 kepala desa di Indonesia yang ikut dalam program ini, kata Kades Sarjana Teknik ini, tidak semua memaparkan produk. Ada juga yang mempresentasikan konsep-konsep khas yang ada di desa masing-masing seperti transparansi keuangan, kehutanan dan pertanian.

Kisah Cinta Beda Negara Ayah-Ibu Sarlin Jones Miss Grand Indonesia

Kembangkan Desa Wisata

Setelah sukses dengan inovasi Ikan Teri dan menjadi salah satu desa tematik di Kabupaten Lembata, Klemens bertekad mengembangkan pariwisata di desanya.

Dengan Dana Desa sebesar Rp 830 juta dan Alokasi Dana Desa Rp300 juta, lulusan Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar ini juga akan menjadikan Hadakewa sebagai desa wisata dengan potensi laut yang indah.

Pariwisata akan menjadi penopang sumber pendapatan Hadakewa selain Ikan teri. Tak hanya itu, dia juga akan mengembangkan sarden dari ikan teri.

Produk ikan teri dikelola oleh BUMdes Hadakewa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved