Penuhi Tingginya Kebutuhan Transfusi Darah, RS Siloam Kupang Siagakan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS)

– Rumah Sakit (RS) Siloam Kupang menyiagakan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah bagi pasien di yang m

Penuhi Tingginya Kebutuhan Transfusi Darah, RS Siloam Kupang Siagakan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS)
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Petugas di Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) Siloam Kupang, Senin (26/8/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Rumah Sakit (RS) Siloam Kupang menyiagakan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah bagi pasien di yang membutuhkan di rumah sakit tersebut

. Bank Darah tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan darah yang makin tinggi dari para pasien yang mengakses perawatan di rumah sakit swasta terbesar itu.

Jefri Riwu Kore Ajak Anggota DPRD Kota Kupang Bahu Membahu Bangun Kota Kupang

“Meningat jumlah kebutuhan darah itu cukup tinggi di sini, kita sudah mengantisipasinya dengan membangun Bank Darah Rumah Sakit (BDRS),” ujar Direktur Eksekutif RS Siloam Kupang dr. Has Lie kepada POS-KUPANG.Com pada Senin (26/8/2019).

Mantan anggota DPRD Kota Kupang Dapat Ucapan Terima Kasih Tanpa Cinderamata, Ini Alasannya

Ia mengatakan bahwa beberapa minggu belakangan, RS Siloam memang mengalami kendala karena suplai darah dari PMI terganggu, namun demikian, hal tersebut sudah berjalan normal sejak dua pekan silam.

“Saat ini di Siloam Kupang kita tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan darah. Unit Transfusi Darah PMI di Kota Kupang selama ini mensuport Rumah Sakit Siloam karena Siloam memiliki Bank Darah Rumah Sakit sendiri,” katanya.

Masih Ingat DPO Kasus Penipuan dan Penggelapan yang Dibekuk di Makassar, Ini Perkembangan Kasusnya

Ia menjelaskan, ketika persediaan kantong darah di BDRS sudah mulai habis, maka PMI akan mendistribusikan kantong darah sesuai dengan kebuthan dan permintaan rumah sakit untuk dapat dipergunakan. Kantong kantong darah tersebut akan disimpan di kulkas darah pada BDRS Rumah Sakit untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Namun demikian, ia juga mengungkapkan bahwa selain dari BDRS, keutuhan darah pasien juga biasa didapatkan dari keluarga pasien yang memiliki keinginan untuk mendonorkan darahnya untuk pasien tersebut.

Ia menjelaskan bahwa memang ada beberapa pasien yang memiliki keinginan kalau sakit dan membutuhkan transfusi darah maka ada anggota keluarga yang akan siap untuk mendonorkan darahnya.

3 Pemain Persib Bandung Salah hingga Terjadi Gol Badak Lampung FC, Bojan dan Jupe? Ini Fotonya

“Itu kalau memeng ada keinginan khusus dari keluarga, tetapi di saat jumlah stok darah dari PMI terbatas juga maka salah satu cara, dari keluarga kita harapkan untuk bisa mendonor,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved