BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi Hari Ini dan Besok di Perairan NTT

Pihak BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi Hari Ini dan Besok di Perairan NTT

BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi Hari Ini dan Besok di Perairan NTT
ISTIMEWA
Ilustrasi Gelombang Laut 

Pihak BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi Hari Ini dan Besok di Perairan NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Pusat merilis peringatan gelombang tinggi hari ini pukul 08.00 Wita dan dan besok (27/8/2019) pukul 08.00 Wita. Karena terdapat pusat tekanan rendah 1004 hPa di Samudera Pasifik timur Filipina, serta terdapat sirkulasi eddy di Papua Barat.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 4 - 25 knot sedangkan di wilayah selatan dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 4 -25 Knot.

Hildegardis Bertekad Wujudkan Keo Tengah, Setiap Desa Punya Produk Unggulan, Simak Faktanya!

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thalo , Senin (26/8/2019), menyampaikan kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Arafuru bagian timur, Perairan timur Bitung, Perairan Kep. Sangihe - Talaud, dan Laut Maluku bagian utara. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meer berpeluang terjadi di Selat Sape bagian selatan Selat Ombai, perairan Selatan Kupang - P Rote, Lait Timor Selatan NTT dan Selat Alor.

VIRAL Suara Barbie Kumalasari Saat Nyanyi, Penonton Kabur, Untung Ada Ayu Ting Ting dan Ruben Onsu

Tinggi gelombang 2,5 - 3,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan P Sumba - Lait Sawu, Samudera Hindia Selatan NTT - Selat Sumba Bagian Barat.

Ia meminta agar diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tuturnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved