Breaking News:

News

Colol Ditetapkan jadi Desa Wisata Kopi, Cita Rasa Kopinya Nikmat, Coba Yuk!

Penetapan Colol menjadi desa wisata didukung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI

Penulis: Aris Ninu | Editor: Benny Dasman
POS-KUPANG.COM/DOK
PANORAMA-Panorama alam di Desa Colol, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Matim yang telah ditetapkan sebagai desa wisata kopi. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Aris Ninu

POS KUPANG.COM, BORONG - Desa Colol di Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sejak lama dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Kini desa ini ditetapkan sebagai desa wisata berbasis kopi.

Penetapan Colol menjadi desa wisata didukung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI serta Pemkab Manggarai Timur melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Matim, Kanisius Judin, kepada wartawan di Borong, Jumat (23/8/2019) pagi, menjelaskan, penetapan Colol sebagai desa wisata pada tahun 2019 ini karena desa itu dikenal sebagai penghasil kopi. Kopi Colol sudah mendunia karena cita rasanya yang nikmat.

"Sejarah hadirnya tanaman kopi di Manggarai Raya pertama kali dari Colol. Setiap tahun, produksi kopi Colol sangat tinggi. Maka itu penetapan desa wisata berbasis kopi ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI," kata Kadis Judin.

Ia menjelaskan, panorama alam di sekitar Colol juga sangat indah sebagai daya tarik wisatawan. "Untuk mendukung pembangunan di desa wisata Colol ini, pemerintah pusat mengalokasikan bantuan sebesar Rp 800 juta. Dana ini digunakan untuk membangun gazebo dan jalan stapak," tukas Kadis Judin.

Tahun depan, diakuinya, Pemkab Matim akan mengalokasikan dana untuk mendukung pembangunan di Colol, desa wisata berbasis kopi. "Tahun depan juga digelar festival kopi di Colol," ujarnya. *

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved