41 Regu Mendaftar Ikut Lomba Gerak Jalan 45 Km di TTS

Sebanyak 41 Regu telah mendaftar untuk mengikuti lomba gerak jalan berbudaya 45 Km yang digelar Pemda 45 Km

POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Ketua pelaksana gerak jalan 45 berbudaya, Yopich Magang 

POS-KUPANG.COM | SOE - dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Kabupaten TTS.Perlombaan gerak jalan 45 Km sendiri akan berlangsung pada Minggu (25/8/2019) malam dengan mengambil titik start dari simpang lima Oinlasi, Kecamatan Amanatun Selatan dan titik finis di lapangan Puspenmas Soe.

Ketua pelaksana perlombaan gerak jalan 45 Km, Yopich Magang kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (23/8/2019) mengatakan, perlombaan gerak jalan 45 Km sendiri mengambil tema gerak jalan berbudaya.

Dimana setiap regu diwajibkan mengenakan atribut berbau budaya. Mulai dari selendang, sarung, pilu atau alu'mama.

Gandeng Soefitta dan Bank NTT, Pemda TTS Ingin Hidupkan Pabrikan Air Mineral

" Karena ini gerak jalan berbudaya maka harus ada corak budaya yang digunakan tiap peserta. Kalau tidak ada maka akan kita diskualifikasikan," ungkap Yopich.

Mobil truk dan sound sistem lanjut Yopich, akan dibatasi. Selain itu, miras dilarang dibawa para peserta. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah aksi hura-hura dan perkelahian.

Untuk menjamin keamanan disepanjang perjalanan, pihak panitia sudah membangun komunikasi dengan pihak Polres TTS, Kodim, tokoh masyarakat dan pihak kecamatan di sepanjang rute yang akan dilewati para peserta.

Kapolres Jayawijaya Ceritakan Kronologi Anggota KKB Tewas Ditembak di Wamena, Warga Berhamburan

" Kita akan pastikan gerak jalan 45 Km bisa berlangsung tertib dan aman. Saya berharap semua peserta bisa mengikuti tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia," ujarnya.

Ketika disinggung terkait besaran hadiah, Yopich mengatakan, total hadiah sebanyak 27,5 juta. Juara satu mendapatkan hadiah 5 juta.

Dalam perlombaan ini perlombaan juara mencapai 10 juara. Dimana juara ke-10 mendapatkan hadiah 750 ribu.

Diperkirakan, gerakan jalan 45 Km akan menempuh waktu kurang lebih 9 jam. Start sendiri akan dimulai pukul 22.00 WITA dan dilepas oleh Bupati Tahun.

Diperkirakan rombongan pertama akan memasuki finis pada pukul 07.00 WITA, Senin (26/8/2019).

Anggota DPRD Kabupaten TTS dari Fraksi NasDem menghimbau agar gerak jalan 45 berbudaya benar-benar menunjukkan budaya Kabupaten TTS.

Aksi miras dan hura-hura harus bisa dihilangkan dalam gerak jalan tersebut. Para peserta perlombaan diharapkan bisa tertib dan tidak melakukan aksi hura-hura yang nantinya akan mengganggu arus lalu lintas dan ketertiban umum.

" Jangan seperti karnaval budaya dan pawai pembangunan, pesertanya mabuk-mabukan di sepanjang jalan, goyang di tengah jalan umum sehingga jalan macet, bahkan sampai berkelahi. Ini tontonan yang tidak mendidik untuk masyarakat umum. Oleh sebab itu, kita sebagai wakil rakyat berharap panitia menyiapkan dengan baik segala persiapan dan pengamanan sehingga aksi miras dan hura-hura tidak jelas tidak boleh ada di gerak jalan berbudaya 45 Km ini," pintanya. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved