Ketua Komisi Kitab Suci KAK RD Sipri Senda Sosialisasi BKSN 2019 di SoE, Simak Materinya

Ketua Komisi Kitab Suci KAK RD Sipri Senda Sosialisasi BKSN 2019 di SoE, Simak Materinya

Ketua Komisi Kitab Suci KAK RD Sipri Senda Sosialisasi BKSN 2019 di SoE, Simak Materinya
ISTIMEWA
RD Sipri Senda, Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang sedang memberikan pemaparan dan penjelasan tentang bahan BKSN tahun 2019 di Aula Paroki Santa Maria Mater Dolorosa SoE, Senin (19/6/2019). 

Ketua Komisi Kitab Suci KAK RD Sipri Senda Sosialisasi BKSN 2019 di SoE, Simak Materinya

POS-KUPANG.COM | KUPANG -  Hari Senin (19/6/2019), para utusan dari setiap wilayah, KUB, kapela dan stasi se-Paroki SoE, Benlutu, Kapan dan Panite berkumpul di Aula Paroki Santa Maria Mater Dolorosa SoE untuk mengikuti Sosialisasi bahan Bulan Kitab Suci Nasional ( BKSN) 2019.

RD Sipri Senda selaku ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang memberikan pemaparan dan penjelasan tentang bahan BKSN tahun 2019 yang bertema 'Kabar Gembira Di Tengah Krisis Lingkungan Hidup'.

Menteri ATR BPN Sofyan Djalil Puji Kebersihan Kantor Bupati Kupang

Menurut RD Sipri Senda, tema tahun ini merupakan tema tahun ketiga hasil Pernas Kitab Suci di Sawangan-Bogor tahun 2016 yang lalu di bawah payung tema besar 'Mewartakan Kabar Gembira Di Tengah Arus Zaman'.

Peserta sosialisasi di Aula Paroki Santa Maria Mater Dolorosa SoE, Senin (19/6/2019).
Peserta sosialisasi di Aula Paroki Santa Maria Mater Dolorosa SoE, Senin (19/6/2019). (ISTIMEWA)

Tahun pertama, 2017, kita merenungkan Kabar Gembira di Tengah Gaya Hidup Moderen. Tahun kedua, 2018, kita merenungkan Kabar Gembira di Tengah Kemiskinan dan Kemajemukan.

"Dengan merenungkan tema BKSN 2019 ini kita semua diharapkan untuk dapat menggali wawasan Ekologis dari Kitab Suci demi menjawabi krisis lingkungan hidup yang sedang terjadi di sekitar kita," ungkapnya.

Lebih lanjut dosen kitab suci pada Fakultas Filsafat UNWIRA ini menjelaskan tentang pentingnya pembacaan kitab suci dari perspektif ekologi.

Guru SMP asal Flotim Raih Anugerah Apresiasi Pancasila 2019

"Kitab Suci harus dibaca secara baru. Kitab Suci bukan hanya cerita tentang Tuhan (Teologi), tentang manusia (Antropologi), tetapi juga tentang lingkungan alam (Ekologi).

Tema umum tahun ini dibagi dalam empat sub tema. Minggu pertama tentang 'Kejahatan manusia menyebabkan kerusakan lingkungan Hidup', minggu kedua tentang 'Kita dipanggil untuk menyelamatkan bumi sebagai rumah kita bersama', minggu ketiga tentang 'Kita dipanggil menjadi manusia baru di dalam dunia', minggu keempat tentang 'Perjanjian Allah dengan semua makhluk hidup'.

Kekhasan bahan tahun ini adalah bahwa keempat pertemuan mingguan itu berbasis pada teks Kitab Suci yang sama yakni kisah Nuh dan Air Bah dalam kejadian 6-9.

Paroki Soe menunjukkan kemajuan dalam persiapan menyambut kegiatan katekese kitab suci bulan September dengan terbentuknya Komunitas Katekis Paroki yang berjumlah 106 katekis.Rm. Alo Lake, Pastor Paroki SoE, menyatakan bahwa katekis yang banyak ini selama beberapa tahun silam tidak terorganisir dengan baik. Melihat potensi yang ada, mantan pastor paroki Baa itu berinisiatif mengumpulkan mereka dalam wadah organisasi ini.

"Hal ini penting untuk memudahkan koordinasi dan pemberdayaan katekis dalam pelayanan pastoral di paroki," ungkapnya.

Dengan demikian, pelayanan katekese Gereja dakam setahun dapat dilayani oleh para katekis ini. Diharapkan agar melalui wadah ini, pelayanan katekese di patoki Soe makin meningkat.

"Kami siap melayani umat melalui kegiatan katekese apa saja, termasuk katekese BKSN 2019 ini," tegas katekis senior, Anton Tateni. (Yohanes Bahi, relawan Komisi Kitab Suci KAK)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved