50 Tahun Desa Sebowuli di Ngada, Pemuda Harus Mendukung Pembangunan di Desa

50 Tahun Desa Sebowuli di Kabupaten Ngada, Pemuda Harus Mendukung Pembangunan di Desa

50 Tahun Desa Sebowuli di Ngada, Pemuda Harus Mendukung Pembangunan di Desa
ISTIMEWA
Suasana kegiatan meriahkan HUT Desa Sebowuli di Kecamatan Inerie Kabupaten Ngada, Rabu (21/8/2019). 

50 Tahun Desa Sebowuli di Kabupaten Ngada, Pemuda Harus Mendukung Pembangunan di Desa

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Pemuda harus mendukung pembangunan di desa sehingga desa bisa maju dan masyarakatnya sejahtera.

Tokoh muda Desa Sebowuli, Erwin Rii Kilo, mengatakan, semua itu harus didukung oleh generasi penerus kedepan.

Melkisedek Taneo Terpilih Jadi Dekan FKIP Undana

Desa Sebowuli harus maju dan pembangunan ditingkatkan. Sehingga pada saatnya nanti anak-anak cucu bisa merasakan buah dari pembangunan.

"Semoga dengan perayaan emas ini kita semua sebagai orang muda lebih giat lagi mendukung program kerja kepala desa dan saya berharap ini adalah peristiwa di mana kita harus saling mendukung untuk mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia," Erwin Rii kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (21/8/2019).

KPU Flotim Serahkan Dokumen Caleg Terpilih ke Bupati

Sementara Kepala Desa Sebowuli, Marselinus Niki, mengatakan, Desa Sebowuli adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Ine Rie, Kabupaten Ngada, Provinsi NTT.

Sebelumnya berada di dalam wilayah Kecamatan Aimere. Desa Sebowuli sendiri merupakan hasil pemekaran dari Desa Ine Rie. Selanjutnya dari Desa Sebowuli dimekarkan juga Desa Paupaga.

Desa Sebowuli memiliki jarak sepuluh kilo meter ke gunung Ine Rie dan 500 meter ke bibir pantai laut Sawu. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Di Desa Sebowuli juga ada dua kampung tradisional yakni Kampung Poma Leke dan Kampung Watu. Desa ini juga memiliki Taman Kanak-Kanak Negeri Pomasule, Sekolah Dasar Inpres Pomasule, Sekolah Dasar Negeri Gelaroja dan satu kapela Katolik.

Desa Sebowuli berdiri pada 27 September 1969 dan merupakan sebuah akronim. Nama Desa Sebowuli diambil dari semua suku yang ada di dalamnya yaitu Suku Seso, Suku Sebo, Suku Boro, Suku Poso, Suku Kemo, Suku Wunga, Suku Turu, Suku Liku Woe Kae dan Suku Liku Woe Azi.

Niki menjelaskan sejak dari berdirinya sampai saat ini, Desa Sebowuli sendiri telah dipimpin tujuh kepala desa yaitu Yoseph Maja yang merupakan pemimpin Desa Sebowuli pertama (1969-1977), Zakarias Radha (1978-1988), Yohanes Demu (1989-1998), Dominikus Goda (1999-2005), Thomas Pea (2005-2017), Yohanes P. Ago (2018), Marselinus Niki ( kepala desa terpilih tahun 2018). (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved