Tiga Penyakit Ini Menakutkan Warga Dua Negara, Apa Saja?

Tiga Penyakit Menular Ini Menakutkan Warga Dua Negara, Indonesia dan Timor Leste, Apa Saja?

Tiga Penyakit Ini Menakutkan Warga Dua Negara, Apa Saja?
POS-KUPANG.COM/GERARDUS MANYELLA
Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantoro dan General Director Service Delifery, Odete da Silva Viegas menandatangani MoU di Hotel Matahari, Atambua, Kamis (15/8/2019) 

Tiga Penyakit Menular Ini Menakutkan Warga Dua Negara, Indonesia dan Timor Leste, Apa Saja?

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Pengaruh globalisasi dan derasnya perpindahan manusia dan penyakit yang dibawa sebagai akibat dari terbukanya hubungan antar negara berdampak pada penyebaran Penyakit menular yang nyaris tak dapat dibendung.

Kondisi ini harus segera diantisipasi oleh setiap negara yang membangun hubungan bilateral maupun multilateral, termasuk Indonesia dan Timor Leste yang merupakan negara yang berbatasan daratan.

Kasus Pencemaran Nama Baik Institusi Polri, Penyidik Polda NTT Lakukan Pemeriksaan Ahli

Saat ini ada tiga penyakit yang menakutkan warga kedua negara ini, yakni malaria, tuberculosis (TB) serta HIV/AIDS.

Virus malaria yang disebarkan oleh vektor nyamuk cukup membahayakan karena nyamuk tidak mengenal batas negara. Apalagi terjadi migrasi orang yang tertular malaria, akan cepat menyebar ke orang lain yang ditularkan oleh nyamuk.

Demikian penderita TB yang virusnya sangat mudah disebarkan melalui batuk atau bersin. Sedangkan HIV/AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh perilaku seks seseorang yang juga menjadi ancaman serius dalam hubungan antar negara.

BREAKING NEWS: Lima Rumah Adat di Desa Adat Tamkesi TTU Hangus Dilalap Sijago Merah

Penderita HIV/AIDS dari Indonesia bisa menyebarkan virus itu ke Timor Leste jika ada migrasi dan terjadi perilaku seks menyimpang di sana, demikian sebaliknya.

Menyadari hal ini, Indonesia dan Timor Leste sepakat memerangi bersama dalam ikatan kerja sama.

Memorandum of Understanding (MoU) itu ditandatangani oleh Direktur Jenderal P2P Kementetian Kesehatan RI, dr. Anung Sigihantoro, M. Kes mewakili Pemerintah Indonesia dan General Director Services Delifery, Dr. Odete da Silva Viegas mewakili Pemerintah Timor Leste di Aula Hotel Matahari, Atambua, Kamis (15/8/2019).

Kedua negara bersepakat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi warga negara Indonesia dan Timor Leste terlebih warga yang berdomisi di perbatasan kedua negara berbatasan darat tersebut. Kedua negara juga bersepakat memberikan pengetahuan memadai tentang kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved