1.250 RTS di NTT Dapat Bantuan Sambungan Listrik  Gratis dari ASN Kementrian ESDM

1.250 Rumah Tangga Sederhana (RTS) di Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat bantuan Sambungan Listrik Gratis dari ASN Kementrian ESDM.

1.250 RTS di NTT Dapat Bantuan Sambungan Listrik  Gratis dari ASN Kementrian ESDM
Pos kupang.com/Edi Hayong
Dirjen Ketenagalistrikan Energi dan Sumber Daya,  Mineral,  Rida Mulyana ketika melakukan penyalaan listrik bantuan di Sonraen, Rabu (14/8/2019)   

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I AMARASI-- Sebanyak 1.250 Rumah Tangga Sederhana (RTS) di Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat bantuan Sambungan Listrik Gratis dari ASN Kementrian ESDM.

Saat ini ada 1.000 kepala keluarga sedang on progress pemasangan dan 250 dalam proses usulan, yang sebarannya meliputi  Kabupaten Kupang: 297 RTS, Kabupaten Alor : 70 RTS, Kabupaten Sikka : 412 RTS, Kabupaten Flores Timur : 19 RTS, Kabupaten Lembata: 202 RTS yang direncanakan selesai pada 16 Agustus 2019, lalu usulan 250 di Sumba meliputi Sumba Timur 112 RTS,  Sumba Barat 7 RTS, dan Sumba Barat daya 131 RTS.

Dirjen Ketenagalistrikan Energi dan Sumber Daya,  Mineral,  Kementrian ESDM, Rida Mulyana, dalam arahannya di Kelurahan Sonraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Rabu (14/8/2019) menyatakan kegembiraannya bisa bertatap muka langsung dengan warga penerima bantuan listrik.

Menurut Rida Mulyana, kehadirannya mewakili Menteri ESDM, Ignas Jonan untuk memastikan program bantuan pasang listrik baru ini berjalan lancar. Bantuan ini bukan saja di NTT tapi di seluruh Indonesia. Bantuan yang diberikan ini, merupakan wujud kepedulian ASN lingkup Kementrian ESSM yang jumlahnya mencapai 1.250 ASN.

BREAKING NEWS - Pria asal Aimere Kabupaten Ngada Digigit Anjing Rabies, Ini Kejadiannya

"Ini wujud kepedulian sosial ASN bagi warga yang belum menikmati listrik. Dari uang penghasilan ASN terkumpul  Rp  1,8 miliar. Untuk Kabupaten Kupang  253 rumah dan untuk NTT sebanyak 1.250 RTS," katanya.

Menurut Rida Mulyana, 74 tahun Kemerdekaan RI, ternyata masih banyak warga yang belum menikmati listrik. Pemerihtah hadir dalam bentuk dukungan ke warga untuk  ikut menikmati listrik.

Persib Bandung Umumnkan Lepas 3 Pemain Jelang Putaran Kedua Liga 1 2019, Ini Namanya

Pelatih Persib Bandung Roberts Pasok Pemain Wajah Baru, 5 Nama Terdepak dari Skuad Utama

"Memang kemampuan daya listrik untuk warga di desa  dayanya 400  tapi pemasangan biaya Rp 1 juta dan ini cukup berat bagi warga maka lahir ide ini. Ini bukan menjadi pahlawan tapi bentuk kepedulian Menteri ESDM sebagai kado  di HUT RI ke 74 dengan sisihkan pendapatan para ASN untuk berbagi ke daerah," ujarnya.

Rida Mulyana mengakui pemilihan  di Kabupaten Kupang karena menteri sangat peduli ke NTT. Listrik merupakan jalan menuju sejahtera. Kementrian bersama PLN memiliki  kepedulian sosial bagi warga yang belum menikmati listrik.

"Ini baru 1.250 dari ASN Kementrian ESDM tapi ada juga CSR PLN berikan bantuan. Ada 4.000 sektor swasta berikan bantuan. Dengan bantuan  ini semakin banyak warga yang menikmati listrik. Saya minta 1.000 yang lagi on pemasangannya, sebelum 17 Agustus dipastikan sudah terpasang dan dinyalakan untuk warga merdeka dari kegelapan," katanya.

Turut mendampingi Dirjen Ketenagalistrikan Energi dan Sumber Daya,  Mineral,  Rida Mulyana, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Ir. Jisman P. Hutajulu, M.M., Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN,  Djoko R. Abumanan.

Hadir jug Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM,  E. Widyo Sunaryo, General Manager PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko, Kadis ESDM Prov NTT Jusuf Adoe. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved