Pemeriksaan IVA oleh ASN Kota Kupang Lampaui Target

Pemeriksaan IVA para ASN dan isteri ASN di Lingkup Pemerintah Kota Kupang ternyata melampaui target

Pemeriksaan IVA oleh ASN Kota Kupang Lampaui Target
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Ketua DPW Kota Kupang Marthase Benu Talan bersama pengurus dan panitia serta tim dokter di lokasi pemeriksaan IVA RS Bhayangkara Kupang pada Senin (12/8/2019) siang. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemeriksaan IVA sebagai bagian dari deteksi dini penyakit kanker serviks bagi para ASN dan isteri ASN di Lingkup Pemerintah Kota Kupang ternyata melampaui target yang ditetapkan oleh panitia.

Dari kuota 150 peserta yang ditetapkan panitia Pemeriksaan IVA Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kota Kupang, hingga Senin (12/8/2019) telah terdaftar sebanyak 247 orang.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kota Kupang Marthase Benu Talan kepada POS-KUPANG.COM di lokasi pemeriksaan IVA Ruang Unit Kebidanan RS Bhayangkara Kupang pada Senin siang menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan IVA tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan bidang kesehatan Dharma Wanita dalam rangka HUT Prolamasi Kemerdekaan RI ke 74.

Ini Tanggapan DPRD NTT Terkait Pencabutan Status Daerah Tertinggal

Rangkaian tersebut, jelasnya, telah didahului dengan seminar sehari tentang Implementasi Germas Untuk Mendukung Kesehatan Reproduksi Usia Senja dan Pemeriksaan IVA yang dilaksanakan di Hotel cahaya Bapa pada Kamis (8/8/2019) silam.

Ia mengatakan bahwa pemeriksaan IVA untuk ASN dan isteri ASN Pemkot Kupang ini dilaksanakan selama lima hari kerja sejak Jumat (9/8/2019) hingga Rabu (14/9/2019) di RS Bhayangkara Drs Titus Ully Kupang.

Suster Leoni OSF Ucapkan Terimakasih kepada Pemda TTU, Ini Alasannya

Program tersebut, lanjutnya telah menjadi program prioritas DPW Kota Kupang dan telah dilaksanakan sejak tiga tahun belakangan.

"Pada tahun pertama, kita mendapat dukungan dari CSR PT Pertamina. Sedangkan untuk tahun kedua dan ketiga kita didukung oleh Pemerintah Kota Kupang," katanya.

DPW sebagai sebuah organiasi perempuan berharap agar kedepan para ASN wanita dan isteri ASN khususnya di lingkugan Pemerintah Kota Kupang dapat terbebas dari gejala maupun sakit kanker karena rutin melakukan deteksi dini sehingga dapat melakukan penenagan secara cepat dan tepat.

"Ke depan kalau boleh ASN dan istri terbebas dari gejala maupun sakit kanker dengan melakukan deteksi dini melalui pemeriksaan IVA. Kita mengharapkan semua wanita di Kota Kupang bisa melakukan pemeriksaan IVA," lanjutnya.

Pemerintah Kota Kupang, terangnya, telah mendukung rangkaian kegitan kesehatan ini melalui alokasi anggaran dari DPA Pemkot selama dua tahun bertururt turut. Untuk tahun ini, ia menyebut Pemkot kembali mengalokasikan sebesar Rp. 177.500.000 untuk paket kegiatan ini.

Sekretaris Panitia, Fransina Korbaffo menambahkan, hingga pelaksanaan pemeriksaan pada hari ketiga (Senin, 12/8/2019), panitia telah memeriksa lebih dari 90 peserta.
Pemeriksaan tersebut dilaksanakan sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.30 Wita oleh tenaga kebidanan RS Bhayangkara Kupang bersama dengan tim dokter dan bidan terlatih dari 10 Puskesmas di Kota Kupang.
Meski panitia hanya menyediakan kuota pemeriksaan IVA gratis bagi 150 peserta yang didukung oleh anggaran biaya kegitan, namun ternyata pendaftar melampaui target dan tercatat mencapai 247 orang.
Ia menjelaskan, meski demikian, pemeriksaan tetap dilakukukan dan dapat menggunakan kartu BPJS. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved