Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unkriswina MoU dengan Pengadilan Negeri Waingapu

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unkriswina MOU dengan Pengadilan Negeri Waingapu

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unkriswina MoU dengan Pengadilan Negeri Waingapu
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola Kalunga, S.Si (Teol).,M.Si dan Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Richard Edwin Basoeki, SH.,MH foto bersama usai penandatangan MoU. 

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unkriswina MOU dengan Pengadilan Negeri Waingapu

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan bagi para mahasiswa yang luar biasa, sekaligus masyarakat Sumba di bidang hukum, Unkriswina Sumba melakukan kerja sama dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Waingapu Kelas II.

Kerja sama itu ditandai dengan Penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola Kalunga, S.Si (Teol).,M.Si dan Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Richard Edwin Basoeki, SH.,MH.

Warga Kelurahan Onelako Buat Tungku Hemat Kayu

Penantangan itu berlangsung di Aula Unkriswina Sumba di Waingapu, Senin (12/8/2019) siang.

Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola Kalunga, S.Si dalam sambutan pada acara itu menyampaikan kegiatan itu untuk membangun dan memperkuat hubungan kedua lembaga dalam pendidikan di Sumba. Memberikan bantuan informasi serta kebutuhan praktiks lainya untuk kemajuan pendidikan hukum serta penegakan dan kepastian hukum di Negara Indonesia.

Selain itu, peningkatan kerja sama antara kedua Lembaga untuk menciptakan pendidikan tinggi khususnya di bidang hukum yang berkualitas sehingga terciptanya keadilan kepastian dan kemanfaatan bagi masyarakat.

Siswi SMAK Frateran Ndao Ikut Pertukaran Pelajar Bina Nusantara

Pdt. Norlina juga mengatakan, pihaknya juga bersyukur ada Program Studi Hukum yang ada di Unkriswina Sumba. Meskipun usia masih terbilang muda, namun pihaknya berusaha untuk dapat melaksanakan tugas mereka sebagai lembaga pendidikan dengan baik, selain itu, juga para lulusan dari Unkriswina Sumba benar-benar berkualitas di bidangnya termasuk program studi hukum.

Pdt. Norlina juga menyampaikan terima kasih kepada Pengadilan Negeri Waingapu yang sudah bersedia bekerja sama dengan mereka. Dan dapat membantu mereka dalam bidang hukum demi masyarakat Sumba.

Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Richard Edwin Basoeki, SH.,MH juga dalam sambutanya mengatakan ada potensi-potensi yang luar biasa yang ada di Sumba, sehingga butuh kerja sama sehingga para generasi atau alumni Unkriswina Sumba khususnya di program Studi Hukum bisa dilahirkan dengan pendidikan hukum yang luar biasa.

Menurut Richard, banyak hal ia merasa kurang terkait pendidikan di bidang hukum. Selain itu, dilihat dari jumlah personil hakim masih sangat kurang apalagi hakim yang orang Sumba sangatlah kurang.

"Sehingga saya rasa ada tanggungjawab untuk adik-adik kita dengan cara kita berbagi pengalaman. Melalui kerja sama ini nanti kita bagikan pengalaman bagaimana teknis cara kerja yang baik inilah yang menjadi kekurangan hakim dan kebutuhan bagi hakim dengan hasil kerja yang baik,"imbuhnya.

"Nanti kita bantu secara teknis bagamana mahasiswa belajar jadi peserta, belajar jadi sutradara, belajar jadi dari hakim, Jaksa, penyidik, dan belajar jadi panitera. Saya yakin bagaimana kita belajar menggunakan toga dan saya yakin akan menjadi percaya diri,"tambahnya.

Richard juga mengharapkan dengan melalui kerja sama ini para lulusan program Hukum di Unkriswina bisa lebih bagus dan kualitasnya juga dapat dilahirkan dengan bagus lagi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved