Tidak Sekedar Intergrasi Ini Yang Dilakukan PAUD HI di Kabupaten Kupang

secara terencana dan bagaimana Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran dana desa dalam mendukung PAUD HI.

Tidak Sekedar Intergrasi Ini Yang Dilakukan PAUD HI di Kabupaten Kupang
POS KUPANG.COM/: Edi Hayong
Plh Bupati Kupang, Ir. Obet Laha ketika memberikan keterangan pers, Jumat (5/4/2019) 

Tidak Sekedar Intergrasi Ini Yang Dilakukan PAUD HI di Kabupaten Kupang

POS-KUPANG.COM I OELAMASI--Dalam rangka mendukung PAUD HI-Berintegritas di Kabupaten Kupang, para Bunda PAUD kecamatan, para camat dan kepala desa diberikan penguatan.

Penguatan ini dimaksudkan agar Bunda PAUD dan para pihak ikut melakukan monitoring dan pendamping di Lembaga PAUD secara terencana dan bagaimana Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran dana desa dalam mendukung PAUD HI.

Mengutip Rilis Berita Bagian Humas Setda Kupang yang dikirim ke POS KUPANG.COM, Sabtu (3/8/2019) disebutkan, kegiatan berupa seminar ini dilaksanakan di Hotel Aston Kota Kupang.

Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Ir.Obet Laha.

Seminar ini dilaksanakan atas kerjasama  UNICEF, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,Pemkab Kupang dan Yayasan Alfa Omega.

Ketua Panitia,  Tien Riwu  menyampaikan bahwa  dalam keberlanjutan PAUD Berintegrasi,  tugas dan peran Bunda Paud Kecamatan dan Kepala Desa serta Bunda Desa sangat penting. 

Kegiatan seminar PAUD HI Berintegritas bagi Bunda PAUD se-Kecamatan di Kabupaten Kupang, Jumat (2/8/2019).
Kegiatan seminar PAUD HI Berintegritas bagi Bunda PAUD se-Kecamatan di Kabupaten Kupang, Jumat (2/8/2019). (POS-KUPANG.COM/Dokumentasi Bagian Humas Setda Kupang)

Ini maksudnya para pihak ikut melakukan monitoring dan pendamping di Lembaga PAUD secara terencana dan bagaimana Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran dana desa dlm mendukung PAUD HI.

Menurutnya, selama ini kendala yg terjadi di lapangan adalah pemahaman Bunda Paud tentang fungsinya sangat terbatas. Hal inilah yg membuat pendampingan terhadap PAUD-PAUD yang ada di desa dan kecamatan tidak berjalan dengan baik.

Oleh karena  itu, katanya, peningkatan pemahaman yang baik kepada semua Bunda PAUD terkait fungsi sangat dibutuhkan. Hal ini  agar apa yang dikembangkan oleh PAUD lewat pelayanan holistik selaras dengan apa yang dilakukan dengan Bunda PAUD.

Selain itu pula pemanfaatan dana desa untuk mendukung pengembangan anak usia dini Holistik Integratif (PAUD HI) perlu diperhatikan. 

Sementara itu Direktur YAO, Pdt. David A.N.Fina dalam arahannya mengatakan 3 hal utama memajukan PAUD dalam konteks pengembangan ekonomi.

Dirinya menyebut, Pertama)  Skill/kemampuan sesuai kapasitasnya sebagai pemerhati PAUD dalam menciptakan ruang pendidikan yang maksimal kepada anak-anak. Kedua, ketersediaan dana dan ketiga) Pasar.

Hari Terakhir Pan Indo Hash di NTT, Hasher Kunjungi Pantai Alamanda Kupang Barat

"Sesuatu yang diadakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berhubungan dengan PAUD untuk  bisa berkembang, maka letakan fondasi yang kuat. Melalui  PAUD kita letakan fondasi untuk menciptakan mimpi-mimpi yang berarti bagi masa depan anak bangsa," pesan David.

 
 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved