PIKUL Dorong Komunitas Usaha Muda Kupang Bergerak Untuk Wirausaha Sosial

konsep wirausaha sosial dapat menjadi solusi bagi wirausaha muda untuk mengembangkan usahanya

PIKUL Dorong Komunitas Usaha Muda Kupang Bergerak Untuk Wirausaha Sosial
POS KUPANG/RYAN NONG
Kegiatan pelatihan wirausaha sosial yang dilaksanakan PIKUL dan Transmitra di Canteen caffe Perumnas Kupang pada Selasa (30/7/2019). 

PIKUL Dorong Komunitas Usaha Muda Kupang Bergerak Untuk Wirausaha Sosial  

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Perkembangan komunitas wirausaha yang menggeliat di kota Kupang Provinsi NTT dalam lima tahun terakhir terbilang pesat. Berdasarkan data dari PIKUL sebanyak 46 komunitas telah berkembang menjadi komunitas wirausaha di Kota Kupang, ibukota provinsi NTT. 

Oleh karenanya, PIKUL sebagai organisasi sosial yang konsen di bidang pemberdayaan masyarakat dan wirausaha sosial mendorong para pelaku wirausaha muda untuk bergerak di bidang wirausaha sosial.

"Sebagai sebuah lembaga yang mendorong wirausaha sosial maka kami merasa penting untuk menjajal para wirausaha muda atau wirausaha baru untuk mengenal konsep wirausaha sosial," ungkap Project Manager PIKUL, Danny Wetangterah kepada POS-KUPANG.COM.

Ia menjelaskan terdapat perbedaan karakter antara bisnis biasa dan wirausaha sosial. Dan untuk konteks wilayah Nusa Tenggara Timur, konsep wirausaha sosial dapat menjadi solusi bagi wirausaha muda untuk mengembangkan usahanya 

"Salah satu karakter yang berbeda antara bisnis biasa dengan wirausaha sosial adalah wirausaha sosial memiliki dampak sosial bagi komunitas atau masyarakat.  Dan ini kami rasa bisa menjadi pilihan solusi dalam konteks yang ada di NTT," katanya. 

Ia mengatakan bahwa pendekatan wirausaha dari sisi sosial dapat ditularkan dan ia berharap para entrepreneur muda dapat menjadikan konsep ini sebagai pilihan yang tidak hanya membawa keuntungan baginya tetapi juga bagi lingkungan sosial yang lebih luas. 

Dalam rangka itu, PUKUL bekerjasama dengan Transmitra lanjutnya, sedang menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan sosial (social enterpreneur) bagi komunitas muda di Kota Kupang, Provinsi NTT dengan tajuk Program "Belajar dari Timur : Kupang MudaPreneur".

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa (30/7/2019) hingga Kamis (1/8/2019) di Cafe Canteen Perumnas Kelurahan Nefonaek Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Diikuti oleh 24 wirausaha muda yang bergerak di bidang craft, tenun, kuliner, sayur dan kreatif.

Terkait tujuan utama pelatihan, pria yang juga bertindak sebagai fasilitator ini menjelaskan untuk memperkenalkan komunitas tentang pendekatan usaha sosial yang bisa berdampak warga masyarakat secara luas dan memperkuat manajemen memberikan penguatan kapasitas bagi komunitas dan para wirausaha. 

Tahun 2020, Dinas Pendapatan Provinsi NTT UPTD Kabupaten TTU Terapkan Samsat Online

Tarian Soka Leu Lembata Pukau Penonton di Labuan Bajo

Dalam pelatihan ini diberikan  ilmu dan materi tentang manajemen, bagaimana memperkuat nilai, penguatan kerja berkelompok, serta cara mengakses pasar.

Selain itu juga meningkatkan soft skill dan sharing bersama komunitas entrepreneur yang dinilai berhasil dalam wirausaha sosial. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong )

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved